Mengunjungi Tempat Penyulingan Mawar di Taif

Selasa , 13 Oct 2020, 08:23 WIB Redaktur : Muhammad Hafil
Mengunjungi Tempat Penyulingan Mawar di Taif
Mengunjungi Tempat Penyulingan Mawar di Taif

REPUBLIKA.CO.ID, TAIF -- Kota Taif merupakan salah satu tempat yang bersejarah dalam dunia Islam. Ini karena, saat periode dakwah Nabi Muhammad di Makkah, baginda pernah mengunjungi wilayah ini untuk berdakwah.

 

Terkait

Kawasan Taif ini jaraknya sekitar 100 km dari Kota Makkah. Bisa ditempuh dengan mobil dengan waktu sekitar 1 jam perjalanan.

Baca Juga

Selama perjalanan dari Makkah, kita akan disuguhi pemandangan pegunungan khas Timur Tengah. Jalurnya mirip Puncak, Bogor.

Tetapi yang membedakan adalah gunung-gunung di sini tidak ditumbuhi pepohonan dan jalannya lebih lebar. Sementara suhunya, sama seperti di Puncak Bogor, dingin dan sejuk.

Karena Taif ini adalah dataran tinggi, maka di wilayah ini terdapat sejumlah perkebunan. Di antaranya yaitu kebun anggur dan Mawar.

photo

Tempat penyulingan mawar di Taif. - (Dok MCH)

Salah satu tempat yang bisa kunjungi adalah tempat penyulingan mawar di Taif bernama Rashed Husain Alqorashei Factory. Di tempat sejuk ini, ada semacam tempat penyulingan mawar sekaligus tempat penjualan parfum dari bahan mawar.

Di sini, akan ditemui parfum-parfum berbahan mawar dengan harga yang variatif. Yang paling rendah harganya yaitu 20 riyal atau setara hampir Rp 100 ribu. Sedangkan yang mahal, lebih banyak lagi.

Di tempat ini pula, pengunjung disuguhi teh hangat yang rasanya berbeda dengan rasa teh di Tanah Air kita. Pengunjung bisa menikmati teh ini sambil menikmati suasana perkebunan di sekitar outlet.

Biasanya, yang datang ke sini adalah jamaah haji atau jamaah umroh. Termasuk dari Indonesia. Namun, untuk pergi ke sini, perlu ada kesepakatan antara jamaah haji atau umroh dengan penyelenggaranya.

Selain tempat penyulingan mawar, di Taif banyak situs ziarah yang bisa dikunjungi. Di antaranya yaitu masjid dan makam sahabat Nabi Abdullah bin Abbas, Masjid Addas, Masjid Kuk, dan Pasar Ukaz. Semua situs ziarah itu memiliki nilai sejarah yang sarat dengan perjalanan Islam.

Kemudian, di Taif sendiri juga banyak tempat-tempat wisata keluarga. Di sepanjang jalan, kita akan banyak menemui tempat-tempat wisata seperti taman yang dilengkapi dengan aneka wahana permainan.

photo

Aneka parfum berbahan mawar di tempat penyulingan mawar di Taif yang bisa dibeli pengunjung. - (Dok MCH)

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini