Jumat 16 Oct 2020 22:33 WIB

Adat Dayak di Gunung Sawaan Destinasi Wisata Tanah Bumbu

Pesta budaya sama halnya menjaga dan memelihara warisan leluhur.

Adat Dayak di Gunung Sawaan Destinasi Wisata Tanah Bumbu (ilustrasi).
Foto: Dok. Pribadi/Herkulanus Sutomo Mana
Adat Dayak di Gunung Sawaan Destinasi Wisata Tanah Bumbu (ilustrasi).

IHRAM.CO.ID,TANAH BAMBU -- Budaya adat lokal yang kerap dilaksanakan oleh masyarakat Suku Dayak di Gunung Sawaan, Kecamatan Simpang Empat hingga kini masih dilestarikan oleh masyarakat setempat, dan menjadi tujuan serta kebanggaan bagi Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan.

Bupati Tanah Bumbu H. Sudian Noor melalui Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan SDM, Anwar Salujang mengatakan Tanah Bumbu merupakan daerah yang majemuk, berbagai suku budaya dan agama sangat beragam di Kota tersebut.

"Dengan melaksanakan pesta budaya sama halnya menjaga dan memelihara warisan leluhur kita. Ini perlu dikembangkan dan dilestarikan untuk menunjukkan jati diri kita sebagai bangsa Indonesia yang beragam," katanya, Jumat (16/10).

"Saya selaku pemerintah daerah selalu mengapresiasi, dan diharapkan masyarakat juga dapat mejadikan acara ini sebagai destinasi wisata budaya khusunya di Kabupaten Tanah Bumbu," ujarnya.

 

Ketua Forum Intelektual Dayak Nasional (FIDN) Tanah Bumbu, Mantikai mengucapkan terimakasih atas kehadiran pemerintah daerah yang diwakili oleh Staf Ahli Bupati. "Kegiatan pesta adat budaya yang kami laksanakan tetap memperhatikan dan menerapkan protokol kesehatan," katanya.

Pihaknya juga berharap agar pemerintah dapat menerbitkan peraturan daerah terkait lembaga adat dayak dengan tujuan memilki payung hukum baik di tingkat desa maupun di tingkat kabupaten.

sumber : ANTARA
Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement