Senin 19 Oct 2020 10:26 WIB

Sholat Berjamaah di Masjidil Haram Dimulai Kembali

Jamaah sholat di Masjidil Haram dengan mengenakan masker.

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Ani Nursalikah
Sholat Berjamaah di Masjidil Haram Dimulai Kembali. Masjidil Haram.
Foto: saudigazette.
Sholat Berjamaah di Masjidil Haram Dimulai Kembali. Masjidil Haram.

IHRAM.CO.ID, MAKKAH -- Arab Saudi membuka kembali situs paling suci umat Islam, Masjidil Haram untuk sholat berjamaah pertama kalinya dalam tujuh bulan, Ahad (18/10). Tak hanya itu, Saudi juga memperluas kapasitas jamaah umroh dengan mengizinkan 15 ribu jamaah per hari.

Warga dan penduduk Arab Saudi diizinkan sholat di dalam Masjidil Haram, Makkah dengan menggunakan masker. Pihak berwenang menyebut saat ini mereka tengah memberlakukan tindakan pencegahan kesehatan yang ekstensif.

Baca Juga

"Warga dan penduduk Saudi telah melakukan sholat subuh di Masjidil Haram, Ahad (18/10). Pihak berwenang mulai melaksanakan tahap kedua dari dimulainya kembali umroh secara bertahap," ujar laporan resmi Saudi Press Agency dilansir di The News, Senin (19/10).

Awal bulan ini, Arab Saudi mengizinkan hingga 6.000 warga dan penduduk untuk melakukan umroh per hari. Ibadah kembali dilanjutkan setelah ditangguhkan pada Maret karena pandemi virus Covid-19.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 

'Isha Salaah in Haramain • 18th October 2020 Makkah - Sheikh 'Abdullah Al Juhany Madeenah - Sheikh Abdul Bari Ath Thubaity

A post shared by 𝗛𝗮𝗿𝗮𝗺𝗮𝗶𝗻 (@haramain_info) on

Di bawah tahap kedua, jumlah jamaah umroh bertambah menjadi 15 ribu per hari. Maksimal 40.000 orang, termasuk jamaah umroh, diizinkan melakukan sholat lima waktu di masjid.

Sementara untuk tahap ketiga yang ditetapkan mulai berjalan 1 November, pengunjung dari luar negeri akan diizinkan masuk. Batas jamaah umroh akan dinaikkan menjadi 20 ribu, dengan total 60 ribu jamaah diperbolehkan melakukan umroh berjamaah.

Saat fajar tiba, jamaah kembali mengunjungi dan berdoa di Rawdah yang terletak di Masjid Nabawi, Madinah, Ahad (18/10). Hal ini dilakukan untuk pertama kalinya dalam hampir tujuh bulan.

Menurut media pemerintah, serangkaian tindakan pencegahan telah diadopsi. Salah satunya, jamaah tidak diizinkan menyentuh Hajar Aswad yang dihormati di Ka'bah, Hajar Aswad, yang merupakan kebiasaan tetapi tidak wajib.

Masjidil Haram harus disterilkan sebelum dan sesudah kedatangan setiap kelompok jamaah. Pihak berwenang Makkah juga telah memasang sensor termal untuk mengukur suhu tubuh para peziarah.

https://www.thenews.com.pk/print/731503-saudi-arabia-restarts-prayers-in-grand-mosque

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement