Kamis 22 Oct 2020 12:53 WIB

Adab Masuk Makkah Sampai Tawaf

Disunahkan untuk mandi untuk masuk ke kota Makkah.

Adab Masuk Makkah Sampai Tawaf. Kota Makkah di Arab Saudi.
Foto: Republika/Syahruddin El-Fikri
Adab Masuk Makkah Sampai Tawaf. Kota Makkah di Arab Saudi.

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Disunahkan untuk mandi di Dzi Thuwa (nama tempat) untuk masuk ke kota Makkah. Apabila pandangannya sudah melihat Baitullah, hendaklah ia mengucapkan:

لا إله إلا الله والله أكبر اللهم أنت السلام ومنك السلام ودارك دار السلام تباركت يا ذا الجلال والإكرام اللهم إن هذا بيك عظمته وكرمته ورفته ال لهم فرده تضريقا وتكريما وزده من حجه برا وكرامة اللهم افتح لي أبواب رحمتك وأدخلني جتتك وأعني من الشيطان الرجيم

Baca Juga

"Tidak ada Tuhan selain Allah dan Allah Maha Besar. Ya Allah, Engkaulah Sang Maha Penyelamat, dari Mulah keselamatan itu, dan negeri-Mu adalah negeri keselamatan. Mahasuci Engkau, wahai Sang Maha Pemilik Keagungan dan Kemuliaan. Ya Allah, sesungguhnya ini adalah rumah-Mu; Engkau mengagungkannya, Engkau memuliakannya, dan Engkau memberinya kedudukan terhormat. Ya Allah, tambahkanlah penghormatan dan pemuliaan kepadanya serta tambahkanlah kebaikan dan kemuliaan kepada orang yang berkunjung kepadanya. Ya Allah, bukakanlah untukku pintu-pintu kasih sayang-Mu, masukkanlah aku ke dalam surga-Mu, dan lindungilah aku dari setan yang terkutuk."

Kemudian, janganlah ia bermaksud mengerjakan sesuatu kecuali tawaf, yaitu tawaf qudum (tawaf ketika pertama kali tiba), kecuali apabila ia mendapati orang-orang sedang melakukan sholat fardu. Maka hendaklah ia mengerjakan sholat bersama mereka kemudian mengerjakan tawaf.

 

 

sumber : Ihya Ulumiddin Imam Al-Ghazali
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement