Jumat 23 Oct 2020 20:36 WIB

Pendeta Yahudi Ini Masuk Islam Usai Telaah Taurat

Dalam masa Nabi Muhammad SAW, kaum Yahudi tidak lantas menerima risalah Islam.

Rep: Hasanul Rizqa/ Red: Elba Damhuri
Mualaf (Ilustrasi) -- Pendeta Yahudi masuk Islam setelah telaah Taurat
Foto:

"Kamu akan kecewa. Seandainya saja kamu mendengar kabar kedatangan Musa bin Imran, kamu tidak akan bisa berbuat apa-apa," kata Khalidah kepada keponakannya itu.

“Wahai bibiku, demi Allah, dia adalah saudara Musa bin Imran. Dia dibangkitkan dengan membawa agama yang sama,” jawab Husen bin Salam. “Jadi, benarkah dia sosok nabi yang sering engkau ceritakan? tanya sang bibi. “Benar,” tegas Husen. 

Dengan bergegas, Husen berlari ke arah Rasulullah SAW yang sedang dikerumuni lautan manusia, yang menyambut kedatangannya. Saat itu, Rasulullah sedang bersabda kepada penduduk Yastrib, "Wahai sekalian manusia, sebarluaskan salam. Berilah makan kepada orang-orang yang kelaparan. Dirikanlah shalat (sunah) di tengah malam ketika banyak orang sedang terlelap tidur. Semoga engkau masuk surga dengan bahagia." 

Dari kejauhan, Husen memperhatikan bagaimana rupa sosok yang amat dirindukannya itu. Perlahan, Husen berjalan mendekatinya. Kemudian, Rasulullah menoleh kepadanya dan bertanya, “Siapa namamu?” “Husen bin Salam,” jawabnya.

“Lebih baik bila Abdullah bin Salam,” sebut Rasulullah. Bagi Husen, nama baru ini merupakan pemberian yang menggembirakan. Sejak saat itu, dia dipanggil sebagai Abdullah.

“Saya setuju. Demi Allah yang mengutus engkau dengan kebenaran. Mulai hari ini, saya tidak memakai nama lain kecuali Abdullah bin Salam,” ujarnya.

sumber : Republika.co.id
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement