Senin 26 Oct 2020 08:13 WIB

Napoleon ke Macron: Bohong dan Barbar Prancis Atas Muslim

Sejarah Prancis dari dahulu memang penuh kebencian kepada Islam

Kaisar Prancis Napoleon kala menyerbu Mesir.
Foto:

Pada tahun 1871, Muslim Aljazair memberontak lagi melawan pemerintahan Prancis, dengan 150.000 orang bergabung dengan pasukan pemimpin Kabyle setempat, Al-Muqrani.

Mesin genosida Prancis merespons dengan membunuh ratusan ribu orang, yang dikombinasikan dengan kematian akibat kelaparan yang disebabkan oleh Prancis pada akhir tahun 1860-an, mengakibatkan kematian satu juta orang Aljazair (sekitar sepertiga dari populasi). Prancis menghancurkan lusinan kota dan desa hingga rata dengan tanah sambil melenyapkan seluruh elit masyarakat Aljazair. Tetapi bahkan itu tidak menyelesaikan "krisis" Prancis dengan Islam.

Tentara Prancis memeriksa identitas Muslim di sebuah pos pemeriksaan pada 12 Desember 1960 di Aljazair beberapa hari sebelum pernyataan PBB yang mengakui hak penentuan nasib sendiri bagi warga Aljazair.

French Soldiers check the identity of Muslims at a check point on 12 December, 1960 in Algeria a few days before the UN statement acknowledging the right to the self-determination for Algerians.

  • Keterangan foto: Tentara Prancis memeriksa identitas Muslim di sebuah pos pemeriksaan pada 12 Desember 1960 di Aljazair beberapa hari sebelum pernyataan PBB yang mengakui hak untuk menentukan nasib sendiri bagi warga Aljazair (AFP)

Pada tahun 1901, kekhawatiran Prancis tentang "krisis" mereka dengan Islam meningkat. Ini terutama terjadi karena Prancis, yang "sedang dan akan menjadi semakin dan tidak diragukan lagi kekuatan Muslim yang besar". Ini mengingat akuisisi koloni baru dengan populasi Muslim yang besar, perlu mengetahui seperti apa Islam di abad ke-20.

Hal ini menjadi keprihatinan yang begitu besar sehingga "pencarian" kolonial akan pengetahuan dikeluarkan. Editor jurnal penting kolonial Prancis Questions diplomatiques et koloniales, Edmond Fazy, mulai menyelidiki pertanyaan tentang "Masa Depan Islam" pada tahun 2000.

Masa Depan Islam

 

Tidak seperti banyak orang Kristen Prancis yang Islamofobia saat ini, Fazy khawatir tentang peningkatan dan jumlah Muslim yang tidak dilaporkan di seluruh dunia (dia mengutip angka 300 juta, yang merupakan seperlima dari populasi dunia) dan penyebaran agama "sederhana" mereka ke Afrika.

Banyak kontributor di jurnalnya memandang perlu untuk memanipulasi teologi Islam dan mengubah ulama Muslim untuk menghasilkan tidak hanya Islam modern yang dapat ditoleransi oleh modernitas Eropa, tetapi juga Islam yang, mereka harapkan, akan melemahkan Kesultanan Utsmaniyah.

Nasihat paling praktis, bagaimanapun, datang dari sekolah Arabis Prancis, yang dikelola oleh pemukim kolonial Prancis (pieds noirs) di Afrika Utara. Salah satunya, Edmond Doutte, dari ecole algerienne, seorang spesialis agama dan Islam, berbicara tentang pertemuannya dengan fanatisme dan intoleransi Muslim.

Muslim yang terpelajar secara tradisional tampaknya telah "menjauh dari kita" berbeda dengan pekerja asli, yang bersahabat dengan titik dua dan mempelajari "kebiasaan kita". Daripada menekan "manifestasi agama yang dibesar-besarkan" dari Islam yang masih ada, tugas di hadapan orang Eropa lebih produktif.

“Sebaliknya, kita bisa mendukung lahirnya Islam baru yang lebih condong ke kompromi dan toleransi Eropa; untuk mendorong generasi muda ulama yang bekerja ke arah itu, dan untuk meningkatkan jumlah masjid, madrasah, dan Muslim. universitas, memastikan bahwa kami mempekerjakan mereka dengan penganut teori baru. "

Worshippers arrive at the Grande Mosque in Colmar, eastern France, while a police officer stands guard on 22 September (AFP

  • Keterangan foto: Para jemaah tiba di Masjid Grande di Colmar, Prancis timur, sementara seorang petugas polisi berjaga pada 22 September (AFP)

Komentar Doutte sangat dikenal karena dapat dengan mudah diucapkan oleh setiap politikus atau pakar Prancis kontemporer - atau Barat lainnya - saat ini.

Adapun M William Marcais, direktur madrasah Tlemcen yang didirikan oleh Prancis untuk melatih para hakim Muslim Aljazair atas dasar "rasionalis". Dia berpihak pada Islam "baru" dan "modern" yang sedang dibentuk Prancis dan di mana dia berada. sementara seorang peserta, menyatakan sebuah Islam yang "terkait erat dengan takdir Prancis."

Waktu pengembalian

 

Proyek mengubah Islam menjadi sesuatu yang dapat ditoleransi oleh Kekristenan Eropa dan laicite Prancis terus berlangsung pada tahun 2020. Tetapi dengan hasil yang tidak memuaskan sejauh menyangkut Macron, terutama karena pendanaan Prancis untuk kelompok-kelompok jihadis di Suriah sejauh ini belum menghasilkan yang dicari Prancis. Islam.

Diskriminasi yang dilembagakan yang sedang berlangsung oleh negara Prancis terhadap warga Muslimnya tidak menunjukkan tanda-tanda pengurangan di bawah Macron. Prancis terus tenggelam dalam wacana dominan chauvinisme dan kebencian saat ini yang tidak berbeda dengan wacana yang selalu mendominasi budaya Prancis bahkan sebelum Revolusi Prancis.

Memang benar bahwa supremasi Kristen kulit putih yang tersebar luas dan budaya kebencian fasis di seluruh Eropa dan Amerika Serikat saat ini, yang mengingatkan pada budaya kebencian Eropa di tahun 1930-an, tidak eksklusif untuk Prancis, tetapi Prancis (tidak seperti orang Israel) unggul dalam hal mengekspresikannya dengan eufemisme minimal.

Krisis yang terus dihadapi Prancis dengan Muslim adalah krisis chauvinisme Prancis, dan penolakan supremasi kulit putih Kristen dan Prancis laic untuk mengakui bahwa negara mereka adalah kekuatan neokolonial kelas tiga dengan budaya retrograde yang dominan yang bersikeras untuk mempertahankannya. kejayaan masa lalu yang terlayani, ketika mereka perlu bertobat dari dosa genosida mereka yang meluas dari Karibia ke Asia Tenggara, ke Afrika, dan yang membunuh jutaan orang sejak akhir abad ke-18.

Apa yang perlu dilakukan orang Prancis adalah membayar kembali hutang yang mereka miliki kepada semua orang yang mereka rampok dan bunuh di seluruh dunia sejak saat itu. Hanya itu yang akan mengakhiri krisis Prancis dengan "Islam" dan dengan dirinya sendiri.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement