Jumat 06 Nov 2020 15:01 WIB

Semua Maskapai Kini Diizinkan Mengangkut Jamaah Umroh

Tidak hanya Saudi Airlines yang bisa membawa calon jamaah umroh.

Rep: Mabruroh/ Red: Muhammad Fakhruddin
Semua Maskapai Kini Diizinkan Mengangkut Jamaah Umroh (ilustrasi).
Foto: AP Photo/Amr Nabil
Semua Maskapai Kini Diizinkan Mengangkut Jamaah Umroh (ilustrasi).

IHRAM.CO.ID,JAKARTA -- Pemerintah Arab Saudi membuka umroh untuk jamaah asing mulai 1 November 2020 lalu dan hanya maskapai Saudi Airlines yang diizinkan mengangkut calon jemaah umroh. Namun keputusan tersebut, mulai Kamis (5/11) kemarin telah dicabut dan semua maskapai diizinkan membawa jemaah umroh. 

"Iya yang mendapat izin dan ketentuan yang diberlakukan oleh GACA," Konsul Haji KJRI Jeddah, Endang Jumali dalam pesan teks, Jumat (6/11).

Hal serupa juga dibenarkan oleh salah satu pengurus AMPHURI yang tengah berada di tanah suci. Menurutnya Ketua Bidang Pengembangan Wisata AMPHURI, Masrura Ram Idjal, per 5 November kemarin tidak hanya Saudi Airlines yang bisa membawa calon jamaah umroh. 

"Per 5 Nov 2020 Otiritas Saudi membolehkan semua Airlines mengangkut jamaah umroh dari luar negeri jadi tidak hanya pesawat Saudi Airlines aja," kata Masrura.

Sebagaimana surat yang dikeluarkan oleh Otoritas Umum Penerbangan Sipil Saudi (GACA), bahwa semua maskapai penerbangan yang beroperasi di bandara Kerajaan Arab Saudi, termasuk penerbangan umum, telah mengizinkan menaikkan dan menurunkan umroh termasuk penumpang dari luar Saudi di musim Pandemi

"Pasal 23 UU Penerbangan Sipil. Instruksi: Semua maskapai penerbangan yang beroperasi di bandara KSA, termasuk penerbangan umum, harus memungkinkan untuk naik Umroh dan pengunjung penumpang ke KSA sesuai dengan tindakan yang diperlukan oleh Kementerian Haji dan Umrah, dengan mempertimbangkan batasan kesehatan dan persyaratan kehati-hatian," bunyi pernyataan tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement