Selasa 10 Nov 2020 23:03 WIB

Sadiq Khan Hingga Pogba, Bukti Muslim Bisa Eksis di Eropa

Tidak secara keseluruhan umat Muslim hadapi masalah hidup di Eropa

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Nashih Nashrullah
Tidak secara keseluruhan umat Muslim hadapi masalah hidup di Eropa Jumlah populasi Muslim di sejumlah negara Eropa meningkat signifikan. (ilustrasi)
Foto:

Seberapa berhasil Muslim dapat berintegrasi ke dalam masyarakat multikultural bergantung pada hukum yang melayani warga negara dan menyeimbangkan kewajiban mereka dengan hak-hak mereka, tanpa memandang agama atau etnis.  

Setelah Sadiq Khan terpilih pada 2016 sebagai Wali Kota London, dia menggambarkan dirinya sebagai seorang Muslim Inggris yang bangga dan orang London yang berasal dari Pakistan.

Orang-orang lain yang dapat disebutkan termasuk mantan Ketua Partai Konservatif Inggris, Baroness Sayeeda Warsi. Dia adalah wanita Muslim pertama yang menghadiri pertemuan Kabinet dan menteri Muslim ketiga di Inggris. 

Di Prancis, Rachida Dati adalah wanita Arab dan Muslim pertama yang memegang jabatan menteri dalam pemerintahan, dan merupakan wali Kota Arondisemen ke-7 di Paris, dia terpilih sebagai anggota Parlemen Eropa pada 2009.

Politisi Belanda dan anggota parlemen Joram van Klaveren mendedikasikan hidupnya untuk meneliti religiusitas dan masuk Islam melalui buku-bukunya setelah dia sendiri memeluk agama tersebut. Ahmed Aboutaleb adalah politikus Belanda asal Maroko yang telah menjadi Walikota Rotterdam sejak 2009.  

Pada 2015, dia terpilih sebagai tokoh politik Belanda paling populer dalam jajak pendapat. Politisi lokal dari latar belakang Muslim ditemukan di seluruh Eropa, begitu pula bintang olahraga, khususnya pesepak bola.

photo
Wali Kota baru London Sadiq Khan melihat jam tangannya dalam upacara penandatanganan jabatannya di Katedral Southwark, London, Sabtu 7 Mei 2016. - (Yui Mok/Pool via AP)

 

Paul Pogba, Mohammad Salah, Sadio Mane, dan Mezut Ozil, misalnya, dan itu baru di Liga Utama Inggris. Manajer Real Madrid Zinedine Zidane adalah pemain yang dihormati untuk tim nasional Perancis, Les Bleus, dimana Pogba sekarang bermain. 

Masalah Eropa tidak pernah dengan Muslimnya, melainkan dengan ideolog ekstremis yang menyebarkan keresahan di masyarakat. Mereka ada di semua komunitas dan tidak unik untuk komunitas tertentu, seperti yang akan diungkapkan oleh pengawasan yang jujur atas laporan media.

Untuk segala macam alasan, Muslim di Eropa adalah kambing hitam baru. Orang Eropa memiliki tradisi semacam ini: di Inggris, dulu orang Irlandia yang terpinggirkan. Di Jerman itu adalah Turki, di Prancis orang Aljazair. Di seluruh benua, itu adalah orang Yahudi, yang sangat terkenal, seperti yang dibuktikan Holocaust Nazi.

Obat untuk malaise yang mematikan ini adalah dengan memperkuat kebebasan publik untuk kepentingan semua orang, bukan dengan mengorbankan kebebasan bagi minoritas. Hukum dan peradilan harus tidak memihak dan tanpa diskriminasi. Integrasi adalah jalan dua arah, tetapi saat ini timbangannya berpihak pada mayoritas, yang mengharapkan minoritas, dalam hal ini Muslim, untuk mendobrak pintu agar disambut. Itu tidak berhasil.  

 

Sumber:  https://www.middleeastmonitor.com/20201109-theres-a-crisis-of-extremist-ideology-in-europe-not-a-crisis-of-islam/  

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement