Rabu 18 Nov 2020 22:28 WIB

Hari Seni Islam, Yuk Intip Koleksi Museum Sharjah!

Keramik tanpa glasir adalah produk paling umum dari tembikar Islam.

Hari Seni Islam, Yuk Intip Koleksi Museum Sharjah! (ilustrasi)
Foto: ABC
Hari Seni Islam, Yuk Intip Koleksi Museum Sharjah! (ilustrasi)

IHRAM.CO.ID,DUBAI -- Untuk menghormati Hari Seni Islam Internasional pada 18 November, Arab News yang dilansir Rabu (18/11), telah memilih beberapa koleksi yang menarik dari Museum Peradaban Islam Sharjah di UEA.

Seni mangkuk

Jenis karya seni Islam awal ini terinspirasi oleh barang mewah yang diimpor dari Irak dan Cina.

Kaligrafi di tengah mangkuk ini dibuat dengan gaya yang menyerupai tulisan Kufi Islam awal yang ditemukan pada bejana Irak. Namun, huruf-hurufnya belum diterjemahkan, dan para ahli mengatakan ada kemungkinan bahwa mereka hanya dimaksudkan untuk membangkitkan prasasti secara dekoratif daripada membentuk kata yang sebenarnya.

Keramik

Pada abad ke-10 dan ke-11 M, bagian timur dunia Islam menghasilkan serangkaian keramik berkualitas tinggi, dan salah satu tekniknya menggunakan slip tanah liat cair.

Bekerja dalam warna putih, hitam-coklat dan kadang-kadang merah, ini digunakan untuk menutupi bejana gerabah kemerahan dengan warna dasar yang seragam, di mana skema dekoratif diaplikasikan dengan warna kontras sebelum kaca.

Mangkuk ini menunjukkan prasasti Kufi putih pipih, yang menyampaikan berkah, dengan latar belakang coklat tua. Ini kurang umum dibandingkan dengan ukiran gelap di atas tanah putih krem.

Barang tidak mengkilap

Keramik tanpa glasir adalah produk paling umum dari tembikar Islam, sebuah fakta yang sering dilupakan dengan penekanan sejarah seni pada barang-barang berlapis kaca saat ini.

Botol ini dibuat dari beberapa bagian - badan atas dan bawah yang terbentuk dari dua cetakan berbeda. Kapal serupa diproduksi di seluruh Timur Tengah selama abad ke-12 dan ke-14.

Para ahli mengatakan bahwa detail ikonografi pada karya seni ini, seperti tubuh singa, tampaknya terinspirasi oleh pahatan kristal batu abad ke-10 di Mesir.

Karya seni hewan ini juga terlihat di barang-barang tanpa glasir di Suriah dan Irak Utara selama abad ke-13.

Vas kilau

Sejak penemuannya di Irak pada abad ke-9, teknik glasir yang rumit telah menjadi keahlian pembuat tembikar.

Keberhasilan dan kesinambungan pekerjaan mahal mereka tidak hanya bergantung pada ketersediaan bahan mentah dan kiln yang dibuat khusus, tetapi juga pada patronase kelas tinggi. Kapan pun ketidakstabilan politik dan ekonomi membahayakan ini, para pembuat tembikar terus mencari kondisi yang lebih baik, sehingga pada abad ke-12 teknik kilau telah menyebar dari Irak ke Mesir dan Suriah.

Botol

Pengaruh porselen biru-putih, yang diimpor dari Cina, meresap ke dalam keramik Islam antara abad ke-15 dan ke-17.

Botol seperti ini yang dicat dengan guratan hitam dengan latar belakang biru diproduksi baik untuk bersaing dengan impor Cina secara lokal, dan untuk memasok pasar di Asia Tenggara dan Eropa, terutama ketika porselen Cina tidak tersedia karena alasan politik atau ekonomi.

Lampu minyak

Lampu oli paduan tembaga ini menurut para ahli berfungsi sebagai lampu baca. Tubuhnya yang bulat dirancang untuk menyediakan minyak dalam jangka waktu lama tanpa gangguan cahaya.

Beberapa dari bejana ini memiliki prasasti yang mengidentifikasi pemiliknya sebagai anggota lapisan masyarakat skolastik - sastrawan, teolog atau guru hukum agama - yang semuanya menghabiskan sebagian besar hari mereka mempelajari manuskrip, membaca dan menulis.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement