Selasa 01 Dec 2020 21:49 WIB

Tiga Target PTKIN di 2020-2034

PTKIN membuat target di 2020-2034.

Rep: Fuji E Permana/ Red: Muhammad Hafil
Tiga Target PTKIN di 2020-2034. Foto: Sekjen Kemenag Nizar Ali
Foto: Kemenag
Tiga Target PTKIN di 2020-2034. Foto: Sekjen Kemenag Nizar Ali

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Agama (Kemenag) menyampaikan bahwa target perkembangan perguruan tinggi keagamaan Islam Negeri (PTKIN) dalam rentang 2020-2034 ada tiga. Target tersebut di antaranya menjadikan PTKIN memiliki daya saing di tingkat nasional, ASEAN dan internasional.

"Roadmap Direktorat PTKI pada tahun 2020-2024, PTKIN harus memilki daya saing tingkat nasional dan indikatornya adalah akreditasi," kata Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kemenag, Nizar Ali melalui siaran pers yang diterima Republika, Senin (30/11).

Baca Juga

Nizar mengatakan, semua kegiatan, program, dan anggaran harus diarahkan untuk meningkatkan akreditasi PTKIN. Maksimalkan dulu akreditasi program studi maka akreditasi institusi akan menjadi lebih baik.

Ia menerangkan, tahap kedua tahun 2025-2029, PTKIN harus sudah memilki daya saing minimal di tingkat Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN). Tahap ketiga tahun 2030-2034, PTKIN harus sudah mencapai level internasional atau yang disebut World Class University.

 

"Untuk itu kreativitas dan inovasi perlu dibangun oleh semua unsur pimpinan," ujarnya.

Nizar mengingatkan bahwa semua pihak harus saling dukung, bahu membahu dan bekerja keras untuk menjadikan PTKIN menjadi maju dan berkulaitas. Sekjen Kemenag ini juga menyoroti tata kelola PTKIN

Menurutnya, pengelolaan PTKIN harus tranparan, akuntabilitas, partisipatif, serta berorientasi pada penjaminan mutu dan relevansi. "Penataan tata kelola yang ideal basisnya bukan secara top-down melainkan bottom-up," ujarnya.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement