Rabu 09 Dec 2020 05:43 WIB

Pekerja Wanita di Sektor Industri Saudi Meningkat 120 Persen

Wanita Arab Saudi kini mendapatkan lebih banyak lowongan pekerjaan.

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Ani Nursalikah
Pekerja Wanita di Sektor Industri Saudi Meningkat 120 Persen. Ilustrasi
Foto: Reuters/Aljazeera.net
Pekerja Wanita di Sektor Industri Saudi Meningkat 120 Persen. Ilustrasi

IHRAM.CO.ID, RIYADH -- Wanita Arab Saudi kini mendapatkan lebih banyak lowongan pekerjaan dibandingkan sebelumnya. Lembaga maupun instansi swasta dan pemerintah berusaha menjangkau wanita yang memenuhi syarat di seluruh sektor ekonomi Kerajaan.

Otoritas Saudi untuk Kota Industri dan Zona Teknis (MODON) mengungkapkan jumlah wanita Saudi yang bekerja di kota-kota industri yang diawasinya meningkat hampir 120 persen. Total, pekerja wanita mencapai 17 ribu orang pada akhir Maret 2020.

Baca Juga

Direktur Jenderal MODON Khalid Al-Salem mengatakan otoritas telah berkembang pesat dan masih mengupayakan pemberdayaan perempuan di sektor industri. Ia menambahkan, MODON telah menjadikan sektor industri lebih menarik bagi perempuan melalui inovasi produk pembiayaan, layanan, maupun solusi yang sesuai dengan peran penting wanita dalam perekonomian nasional.

Beberapa insentif diberikan kepada pekerja perempuan, termasuk peluncuran oasis industri yang ditandai dengan ketersediaan ruang untuk anak dan ibu menyusui, parkir khusus wanita, serta pusat medis dan rekreasi.

"Oase-oase ini menampung industri bersih, seperti industri medis dan makanan, karet dan industri teknologi tinggi, serta pabrik pracetak yang mendukung pengusaha perempuan serta usaha kecil dan menengah,” katanya dilansir di Arab News, Selasa (8/12).

Al-Salem menambahkan pada 2021, akan dilakukan peluncuran pabrik prefabrikasi kecil untuk memungkinkan investasi wanita di kota industri Dammam, dan menjadi yang pertama di Kerajaan.

MODON disebut terus memberdayakan perempuan baik sebagai karyawan maupun sebagai investor. Salah satu caranya dengan menciptakan model lingkungan model kemitraan dengan sektor publik dan swasta. Dia juga menambahkan, kesepakatan telah ditandatangani dengan perusahaan asuransi untuk memberikan layanan komprehensif bagi investor di kota-kota industri.

"MODON berupaya mendukung produktivitas wanita dengan menyediakan lingkungan yang optimal untuk pekerjaan mereka. Karena itu, kami menandatangani nota kesepahaman dengan perusahaan pengembang bangunan untuk melaksanakan program ruang ramah anak dan taman kanak-kanak di kota di bawah bimbingan Kementerian Pendidikan," lanjutnya.

Al-Salem mengatakan, strategi pemberdayaan industri dan peningkatan talenta lokal bertujuan untuk mengaktifkan peran perempuan dalam pembangunan industri, sesuai dengan Visi Saudi 2030. Tujuan usaha ini untuk meningkatkan peran wanita dalam perekonomian nasional.

MODON berhasil meningkatkan jumlah perempuan Saudi di kota-kota industri, mencapai 17 ribu pegawai perempuan pada akhir kuartal pertama tahun 2020, dibandingkan dengan 7.860 pada akhir 2018.

https://www.arabnews.com/node/1773986/saudi-arabia

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement