Rabu 09 Dec 2020 13:26 WIB

Arab Saudi Gratiskan Tarif Tol untuk Lansia dan Difabel

Lansia dan difabel digratiskan tarif tol oleh Arab Saudi.

Rep: Dea Alvi Soraya/ Red: Muhammad Hafil
Arab Saudi Gratiskan Tarif Tol untuk Lansia dan Difabel. Foto: Lalu lintas di Arab Saudi termasuk salah satu yang paling \
Foto: .
Arab Saudi Gratiskan Tarif Tol untuk Lansia dan Difabel. Foto: Lalu lintas di Arab Saudi termasuk salah satu yang paling \

IHRAM.CO.ID, ABU DHABI--Penyedia transportasi umum emirat, pusat transportasi terintegrasi (ITC) Departemen Kota dan Transportasi, menghimbau masyarakat untuk segera mendaftarkan diri di website atau aplikasi Darb. Sistem tol Darb ini ditujukan untuk memperlancar arus lalu lintas, mendorong penggunaan transportasi umum, dan meningkatkan efisiensi jaringan di jalan ibu kota.

Sistem yang akan diterapkan awal 2021 ini akan mulai diaplikasikan di

Baca Juga

empat lokasi, Jembatan Sheikh Zayed, Jembatan Shaikh Khalifa bin Zayed, Jembatan Al Maqtaa, dan Jembatan Musaffah. Setiap gerbang Derb hanya dioperasikan dari Sabtu hingga Kamis di jam-jam sibuk saja, dari jam 7 pagi hingga 9 pagi, dan lagi dari jam 5 sore hingga 7 malam.

Untuk meminimalkan dampak pada pengguna jalan, tol harian maksimum untuk setiap kendaraan akan dibatasi pada Dh16 (Rp. 61.744). Selain itu, batasan bulanan sebesar Dh200 (Rp. 771.806) akan berlaku untuk kendaraan pertama pada akun pengguna, bersama dengan batasan Dh150 (Rp. 578.854) pada kendaraan kedua, dan Dh100 (Rp. 385.903) pada semua kendaraan tambahan. Sedangkan untuk kendaraan milik perusahaan, tidak ada batasan tol harian atau bulanan.

"Setelah pengguna mengisi ulang rekening online mereka, saldo akan langsung dipotong setelah pengguna melewati gerbang tol, dengan sistem gerbang tol mencatat nomor plat kendaraan. Sistem Gerbang Tol Darb memiliki biaya registrasi kendaraan awal sebesar Dh100 per kendaraan, di mana Dh50 (Rp. 192.951) akan dikreditkan kembali ke akun yang terdaftar," tulis departemen dalam pernyataannya yang dikutip di Gulf News, Rabu (9/12).

Adapun kategori kendaraan yang akan dibebaskan dari biaya tol adalah kendaraan tunggal milik senior Emirat berusia 60 tahun ke atas, pensiunan Emirat, orang-orang berkebutuhan khusus, dan warga Emirat dengan pendapatan terbatas. Pengemudi ini dapat mengunjungi situs web Darb dan mendaftar untuk mendapatkan pengecualian dengan menyerahkan dokumen yang diperlukan.

Dan bagi mereka yang berkebutuhan khusus, kendaraan dapat didaftarkan atas nama kerabat tingkat pertama atau kedua, tetapi kartu yang dikeluarkan untuk orang-orang yang ditentukan oleh Kementerian Pengembangan Masyarakat atau Organisasi Tinggi Zayed perlu disediakan.

Kategori kendaraan lain juga akan dibebaskan dari tarif tol, termasuk ambulans, angkatan bersenjata dan kendaraan pertahanan sipil dengan plat nomor dan emblem, bus umum, kendaraan taksi umum berlisensi di Abu Dhabi, bus sekolah resmi oleh ITC, bus penumpang dengan kapasitas dari 26 penumpang ke atas, kendaraan bernomor polisi Kepolisian Abu Dhabi, Kementerian Dalam Negeri atau polisi setempat emirat lain, kendaraan derek dan sepeda motor.

Namun, pendaftaran di Darb bersifat wajib untuk semua pengguna, termasuk mereka yang memenuhi syarat untuk mendapatkan pengecualian. ITC juga menekankan bahwa setiap kendaraan yang melewati gerbang tol harus terdaftar di sistem gerbang tol Darb. Dalam hal kendaraan tidak didaftarkan saat melewati gerbang tol, pengguna akan diberikan tenggang waktu sepuluh hari kerja untuk mendaftarkan kendaraan tersebut. Jika tidak, denda akan diterapkan.

Saldo tidak mencukupi

Pengguna juga harus memastikan saldo rekening mereka cukup saat melintasi gerbang tol. Untuk kendaraan yang terdaftar di Abu Dhabi, pengendara dapat membayar tol yang belum dibayar saat menyelesaikan prosedur perizinan kendaraan tahunan. Untuk kendaraan yang terdaftar di luar Abu Dhabi, pengendara akan diberikan tenggang waktu lima hari kerja untuk mengisi ulang rekening sebelum denda diberlakukan.

 

sumber : gulfnews
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement