Kamis 24 Dec 2020 19:24 WIB

Berapa Meter Fondasi Kabah dan Mengapa Berbentuk Kubus?

Allah SWT menjaga kemurnian bangunan Ka'bah era Nabi Ibrahim AS

Rep: Imas Damayanti/ Red: Nashih Nashrullah
Kabah di Masjidil Haram
Foto:

Lantas berapa meter kedalaman fondasi Ka’bah yang dibangun Nabi Ibrahim AS? Prof Quraish menjelaskan, pada 1417 Hijriyah, Raja Fahd bin Abdul Aziz memerintahkan perbaikan Ka’bah meliputi penguatan fondasi, bukan menggantinya. Kemudian membetulkan keran-keran dan saluran air, menambal lubang-lubang yang menganga, serta mengganti atap Ka’bah dan menjadikannya dua atap.

Ketika itu ditemukan bahwa kedalaman fondasi Ka’bah sejak masa Nabi Ibrahim sekitar 1,4 meter dan melekat erat tanpa alat-alat perekat.

Kini, tinggi Ka’bah adalah 14 meter dengan panjangnya dari Multazam 12,84 meter, sedangkan dari arah Hijr Ismail 11,28 meter. Lalu antara Rukun Yamani dengan Hijr Ismail 12,11 meter, dan antara Rukun Yamani dengan Hajar Aswad 11,52 meter.

photo
Sebuah foto yang dirilis oleh Kementerian Media Saudi menunjukkan proses penggantian kain kiswah Kabah yang baru di Masjidil Haram, Makkah, Arab Saudi, Kamis (30/7). - (EPA-EFE/SAUDI MINISTRY OF MEDIA )

 

Yang menarik untuk digarisbawahi adalah bahwa Ka’bah kendati telah beberapa kali dipugar, namun fondasi yang diletakkan Nabi Ibrahim tidak goyah dan tidak diganti.

Demikian Allah SWT mengekalkan usaha Nabi Ibrahim sepanjang masa, sebab beliau merupakan pribadi yang ikhlas. Tak hanya itu, Allah bahkan mengekalkan bekas telapak kaki Nabi Ibrahim hingga kini, sebagaimana yang masih dapat dilihat para peziarah Makkah. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement