Senin 28 Dec 2020 15:18 WIB

Orang Asing yang Terjebak di Arab Saudi Diizinkan Terbang

Maskapai penerbangan diizinkan untuk mendarat di Kerajaan.

Orang Asing yang Terjebak di Arab Saudi Diizinkan Terbang (ilustrasi).
Foto: AP Photo/Amr Nabil
Orang Asing yang Terjebak di Arab Saudi Diizinkan Terbang (ilustrasi).

IHRAM.CO.ID,JEDDAH -- Maskapai penerbangan internasional dapat menerbangkan orang asing keluar dari Arab Saudi, menurut surat edaran dari Otoritas Umum untuk Penerbangan Sipil (GACA).

Dilansir dari Arab News, Senin (28/12) Kementerian Dalam Negeri pekan lalu mengumumkan bahwa perbatasan Kerajaan akan ditutup setelah ditemukannya varian baru COVID-19 di Inggris.

Penemuan itu menimbulkan kekhawatiran besar di antara para pejabat, mendorong pihak berwenang untuk mengeluarkan perintah yang menutup perbatasan darat dan laut dan menangguhkan penerbangan komersial selama seminggu.

Menurut surat edaran GACA, maskapai penerbangan diizinkan untuk mendarat di Kerajaan dan berangkat dengan pelancong non-Saudi sambil mengambil alih tindakan pencegahan untuk mencegah penyebaran COVID-19.

 

Awak kabin tidak diizinkan meninggalkan pesawat atau melakukan kontak fisik dengan awak darat dan operasi saat tiba di salah satu bandara internasional Kerajaan.

Agen perjalanan mengatakan kepada Arab News bahwa orang asing setelah mendengar berita itu mulai memesan penerbangan yang berangkat dari 29 Desember.

Varian baru pertama kali terdeteksi di Inggris dan memicu pembatasan perjalanan global pada hari-hari setelah penemuannya. Kasus varian baru telah dilaporkan di negara-negara Eropa termasuk Prancis, Swedia dan Spanyol. Itu juga telah terdeteksi di Afrika Selatan, Yordania, Kanada dan Jepang. 

Instruksi GACA tidak berlaku untuk negara-negara di mana strain mutasi baru telah terdeteksi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement