Senin 04 Jan 2021 08:53 WIB

Slogan Anti-Amerika Tandai Satu Tahun Pembunuhan Soleimani

Puluhan ribu warga Irak menyanyikan slogan anti Amerika

Rep: Lintar Satria/ Red: Esthi Maharani
Ribuan mass menghadiri pemakaman Jenderal Qassem Soleimani,  dan komandan Milisi Abu Mahdi al-Muhandi di Teheran, Iran, Senin (6/1).
Foto: Nazanin Tabatabaee/WANA (West Asia News Agenc
Ribuan mass menghadiri pemakaman Jenderal Qassem Soleimani, dan komandan Milisi Abu Mahdi al-Muhandi di Teheran, Iran, Senin (6/1).

IHRAM.CO.ID, BAGHDAD -- Puluhan ribu warga Irak memperingati satu tahun pembunuhan Jenderal Iran Qassem Soleimani dan komandan milisi Irak Abu Mahdi al-Muhandis. Mereka menandainya dengan menyanyikan slogan anti Amerika dalam unjuk rasa di alun-alun pusat kota Baghdad.

Unjuk rasa ini bertepatan saat ketegangan antara Amerika Serikat (AS) dengan Iran meningkat di hari-hari terakhir pemerintah Presiden Donald Trump. Dalam kegiatan tersebut banyak warga Irak yang menuntut balas kematian Soleimani dan Muhandis.

Soleimani komandan Pasukan Quds, unit Garda Revolusi Iran di luar negeri. Ia tewas terbunuh dalam serangan drone AS di Bandara Internasional Baghdad yang diperintahkan langsung oleh Trump. Washington menuduh Soleimani dalang serangan-serangan milisi yang didukung Iran terhadap pasukan AS di kawasan.

Pengunjuk rasa berkumpul di alun-alun Tahrir untuk merespon ajakan dari berbagai kelompok milisi yang dikenal  Popular Mobilisation Forces (PMF). Kelompok milisi yang sebagian besar dilatih dan didukung Iran. Para demonstran mengibarkan bendera Iran dan meneriakkan slogan anti AS seperti 'Amerika Maha Setan'.

Sebelumnya Menteri Luar Negeri Iran Mohammad Javad Zarif mendesak Trump untuk tidak 'terjebak' dengan apa yang ia sebut rencana Israel untuk menyerang pasukan AS di Irak. Pemerintah Israel membantah tuduhan tersebut sebagai sesuatu yang 'tak masuk akal'.

Tel Aviv mengatakan mereka yang perlu waspada terhadap serangan Iran yang mungkin akan digelar untuk memperingati kematian Soleimani. Washington menuduh Teheran sebagai serangan roket ke Kedutaan Besar AS di Irak bulan Desember lalu.

Tidak ada kelompok yang didukung Iran yang mengaku bertanggung jawab atas serangan tersebut. Pekan lalu militer AS menerbangkan dua pesawat bomber B-52 yang dapat ke Timur Tengah sebagai pesan ancaman terhadap Iran. Tapi dua pesawat itu sudah meninggalkan kawasan.

Sabtu (2/1) sore puluhan ribu peziarah berkumpul di jalan tol yang mengarah ke bandara Baghdad. Tempat Soleimani dan Muhadis terbunuh. Mereka menggelar proses peringatan kematian dua orang tersebut.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement