Selasa 05 Jan 2021 10:17 WIB

Raja Negash dan Pemukiman Muslim Pertama Dunia di Ethiopia

Kisah Negash kawasan pemukiman muslim pertama dunia di Ethiopia

Nasjid Negashi yang berdiri di tengah pemukiman pertama Muslim di dunia yang terletak di Ethiopia.
Foto: google.com
Nasjid Negashi yang berdiri di tengah pemukiman pertama Muslim di dunia yang terletak di Ethiopia.

IHRAM.CO.ID, -- Terletak 790 Km dari ibu kota Addis Ababa, Negash adalah kota kecil yang ditemukan di bagian utara Ethiopia dan salah satu tempat yang kaya akan sejarah di negara tersebut.

Wilayah ini identik dengan Islam karena merupakan tempat pemukiman Muslim pertama terjadi di dunia. Semuanya dimulai pada 7 Masehi ketika pengikut pertama Nabi Muhammad (saw) dianiaya dan ditindas di tanah mereka sendiri oleh suku Quraisy Makkah karena keyakinan mereka pada Islam.

Nabi Muhammad kemudian mencari tempat yang aman dan orang yang penuh kasih yang dapat memberikan tempat persembunyian dan perlindungan yang aman bagi para pengikutnya.

Menurut catatan paling awal yang diberikan dalam Ibn Ishaq'a Sira: “Nabi Muhammad menyadari bahwa dia tidak dapat melindungi para pengikutnya dari serangan tersebut, dan berkata:

"Pergilah ke Habesha, ada seorang raja Kristen di sana. Ada keadilan di kerajaannya. Habesha adalah tanah kebenaran. Karena itu, pergilah ke sana sampai kita meraih kemenangan dengan pertolongan Allah. ”

Jadi, dia mencari perlindungan di Kerajaan Kristen Aksum, tanah Abyssinia - di Ethiopia saat ini. Raja Abyssinian - Negashi (yang berarti 'raja' atau 'Nejashi' dalam bahasa Arab) dengan hangat menerima orang-orang buangan karena sikap baik dan memberi mereka perlindungan di kota Negash, Wilayah Tigray saat ini.

Lima belas sahabat Nabi Muhammad (saw) melakukan migrasi pertama mereka (hijirah) dan tiba di wilayah Kekaisaran Axumite pada tahun 615 M. Kepergian mereka diikuti oleh migrasi kedua dengan kelompok yang lebih besar sekitar  yang mencapai 101 orang.

Kaum Quraish mencoba segala cara yang mungkin termasuk pemberian hadiah sebagai suap untuk membujuk raja agar menyerahkan Muslim dan mengusir mereka kembali ke Makkah.

Namun, raja menolak dengan mengatakan, "Jika Anda telah memberikan segunung emas, saya tidak akan menyerahkan orang-orang yang telah mengambil suaka ini dengan saya".

Raja agak meyakinkan Muslim perlindungan penuh dengan mengatakan kepada mereka 'Pergi dan hidup dalam damai, jika ada yang memperlakukan Anda dengan buruk, dia akan membayar mahal untuk itu'.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement