IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno, membuka pintu untuk sejumah kerja sama dengan Grab Indonesia dalam pengembangan lima destinasi super prioritas.
Sandiaga mengatakan, dirinya berinisiasi untuk meningkatkan kerja sama dengan Grab dalam menyiapkan platform pariwisata digital agar wisatawan bisa memperoleh pengalaman baru dalam berwisata.
“Sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo bahwa satu tahun ini akan cukup berat. Jadi, kita fokus pada penyiapan lima destinasi super prioritas. Penyiapan ini bukan hanya infrastrukturnya atau transportasinya saja, tetapi juga pengalaman yang akan kita siapkan untuk para wisatawan,” kata Sandiaga dalam keterangannya, Ahad (10/1).
President Grab Indonesia, Ridzki Kramadibrata, menjabarkan potensi kerja sama yang ia sesuaikan dengan platfomr kerja Sandiaga untuk mengembangkan pariwisata dan ekonomi kreatif, yakni inovasi, adaptasi, dan kolaborasi.
Ia menjelaskan inovasi yang akan dilakukan oleh Grab yakni pariwisata digital dengan layanan Grab Travel Pass yang dapat diimplementasikan di tiap destinasi super prioritas, yaitu Labuan Bajo, Mandalika, Likupang, Borobudur, dan Danau toba.
“Jadi dengan aplikasi tersebut wisatawan tidak hanya bisa order untuk mobilitasnya saja, tapi juga makanan, dan bahkan bisa untuk booking hotel, pesen tiket atraksi wisata, serta ada juga telemedicine. Kita sediakan layanan digital satu paket yang mencakup hal-hal tersebut,” katanya.
Lebih lanjut, Ridzki menjelaskan pihak Grab juga telah menyiapkan 5,000 unit EV Tourism, yaitu kendaraan listrik yang disiapkan untuk mendukung aktivitas pariwisata yang ramah lingkungan.
Sementara itu, terkait dengan adaptasi, ia menekankan, Grab Indonesia mendukung sepenuhnya protokol kesehatan berbasis CHSE (Cleanliness, Health, Safety, and Environment Susntainability).
Dengan standar terbaru yang dirumuskan oleh pemerintah, Grab meluncurkan GrabCar Protect dan GrabBike Protect yang dilengkapi dengan partisi dan perlengkapan kebersihan, serta sertifikasi protokol CHSE untuk merchants GrabFoods. Hal ini dilakukan untuk mendorong kepercayaan, kenyamanan, dan keamanan wisatawan di destinasi super prioritas.
Terakhir, untuk kolaborasi, ia mengatakan, melalui akselerasi digitalisasi UMKM ekonomi kreatif dan membuka kesempatan kerja. Grab Indonesia juga mendukung gerakan Beli Kreaitf Lokal yang merupakan program kampanye Bangga Buatan Indonesia yang diinisiasi pemerintah untuk mendukung pertumbuhan UMKM ekraf di tengah pandemi Covid-19.
“Kolaborasi antarlembaga ini sangat dibutuhkan, karena tidak hanya untuk menumbuhkan pariwisata, tapi juga untuk menumbukan ekonomi kreatifnya, menumbuhkan UMKM yang berpernah besar sebagai pahlawan nasional Indonesia ,” ungkapnya.