Sabtu 16 Jan 2021 17:29 WIB

Beberapa Riwayat Mengenai Khasiat Kurma Ajwa

Kurma ajwa bisa menangkal racun.

Beberapa Riwayat Mengenai Khasiat Kurma Ajwa. Inilah kurma jenis Ajwa yang menjadi incaran jamaah haji untuk oleh-oleh dari Tanah Suci.
Foto:

[4] Hadis dari Sad bin Abi Waqqash radhiyallahu anhu, Nabi shallallahu alaihi wa sallam bersabda, “Siapa yang setiap pagi sarapan dengan beberapa kurma Ajwa, maka racun maupun sihir tidak akan membahayakannya di hari itu sampai malam.” (HR. Bukhari 5768).

[5] Dari Sad bin Abi Waqqash, Nabi shallallahu alaihi wa sallam bersabda, “Siapa yang makan 7 butir kurma yang berasal dari Madinah ketika pagi, maka racun-racun tidak akan membahayakannya sampai sore.” (HR. Muslim 5459).

Al-Hafizh Ibnu Hajar Al-Asqalani rahimahullaah menukilkan perkataan Imam Al-Khathabi tentang keistimewaan kurma ajwa: “Kurma ajwa bermanfaat mencegah racun dan sihir dikarenakan doa keberkahan dari Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam terhadap kurma Madinah bukan karena dzat kurma itu sendiri”

Hadits ini mempunyai banyak sekali kandungan faedahnya, sebagaimana yang dituturkan oleh Al-Imam Ibnul Qayyim rahimahullaah dalam kitabnya ‘Ath-Thibb An-Nabawi’: “Al-Maf’uud adalah sakit yang menyerang bagian liver (hati)”. Dan kurma memiliki khasiat yang menakjubkan untuk menyembuhkan penyakit ini (dengan izin Allah), terutama sekali kurma dari Madinah, khususnya jenis ajwa. (Pembatasan pada) jumlah tujuh itu juga mengandung khasiat yang hanya diketahui rahasianya oleh Allah.

Sebagaimana sabda Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam.

اَلْعَجْوَةُ مِنَ الْجَنَّةِ، وَهِيَ شِفَاءٌ مِنَ السُّمِّ

“Kurma ajwa itu berasal dari surga, ia adalah obat dari racun.”

HR Ibnu Majah (no. 3453) Ahmad (III/48) dari Sahabat Jabir bin Abdillah dan Abi Sa’id, demikian juga At-Tirmidzi dalam Sunnannya (no. 2066) dari Abu Hurairah. Dishahihkan oleh Syaikh Al-Albani dalam Misykatul Mashaabiih (IV/164/4163), dimuat juga oleh Syaikh Salim bin Ied Al-Hilaly dalam Shahih Ath-Thibb An-Nabawy fi Dhau’il Ma’arif Ath-Thabiyyah wal Ilmiyyah Al-Haditsah (hal. 428), cet. Maktabah Al-Furqaan, th.1424H

https://www.suaramuhammadiyah.id/2021/01/15/beragam-khasiat-kurma-dan-kurma-ajwa/

sumber : Suara Muhammadiyah
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement