Jumat 22 Jan 2021 02:25 WIB

25 Adab Perjalanan Haji Menurut Syekh Muhammad Zakariyya

Segeralah tunaikan haji jika fasilitas dan keperluan sudah terpenuhi.

Rep: Ali Yusuf/ Red: Ani Nursalikah
25 Adab Perjalanan Haji Menurut Syekh Muhammad Zakariyya. Ibadah haji di Makkah (ilustrasi)
Foto:

4. Niat Ikhlas

Janganlah berniat untuk ditunjukkan kepada orang lain (Riya) atau supaya dipanggil gelar haji atau untuk rekreasi. Pergi haji hendaknya dengan niat yang ikhlas semata-mata mencari Ridha Allah

5. Mencari Teman Shalih

Fungsinya teman yang baik (shalih) ini ketika lupa melakukan satu amal, ia akan mengingatkan kita dan mendorong kita untuk melakukannya. Jika kita bermalas-malasan dalam suatu amal, ia akan membangkitkan semangat kita, jika kita merasa takut dia akan menanamkan keberanian dalam diri kita, jika tertimpa kesusahan, ia akan mendorong kita untuk bersabar. 

"Bila teman itu orang alim, maka itu lebih baik karena ia akan menolong kita dengan menerangkan masalah-masalah yang berkaitan dengan haji," katanya.

6. Mencari Harta Halal

Carilah harta yang halal dan tidak syubhat untuk biaya menunaikan haji. Haji yang dikerjakan dengan harta yang haram, baik melalui riba atau mengambil harta orang lain dengan cara yang zalim walaupun kewajiban haji telah gugur. Karena jika haji menggunakan harta haram atau riba hajinya itu tidak akan makbul.

7. Bertaubat

Misalnya bila di tangannya ada harta orang lain yang diambil dengan jalan ke zaliman hendaknya dikembalikan. Bila pernah menzalimi orang lain hendaknya meminta maaf, khususnya minta maaf kepada orang yang kita selalu berbicara dengannya atau saling berkomunikasi. Bila mempunyai utang hendaknya ditunaikan terlebih dulu atau menyiapkan uang untuk membayar utang.

Bila ada amanat orang lain di tangannya hendaknya dikembalikan atau menyerahkannya kepada orang yang bisa dipercaya dengan persetujuan orang yang mempunyai amanat itu. Orang-orang yang menjadi tanggung jawab seperti istri dan anak-anak kecil hendaknya disediakan keperluannya dalam jangka waktu sampai ia kembali.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement