Selasa 26 Jan 2021 19:33 WIB

Benteng Keraton Destinasi Wisata Andalan Baubau

Benteng Keraton merupakan destinasi wisata budaya di Baubau.

Benteng Keraton Destinasi Wisata Andalan Baubau. Benteng Keraton Wolio Buton merupakan benteng yang paling luas di Indonesia
Foto:

Dia mengatakan, wisata aspek kebendaan yang akan diangkat nanti itu beberapa peninggalan situs yang ada antara lain makam, masjid, tiang bendera, gua, dan misalnya tempat pelantikan raja/sultan, serta aksesoris lainnya. Kemudian, untuk non-kebendaan nantinya akan dihidupkan juga. Dan agenda setiap tahun nanti akan ada pesona tentang "kabanti", pesona tentang "maludhu", pesona tentang "pekande-kandea", kemudian ada beragam permainan rakyat.

"Saya kira tidak semua daerah memiliki hal ini. Katakan mungkin permainan rakyat disini ada permainan rakyat "pepudho", "pekaleko", "polojo", permainan "kasodosodo", permainan asse, dan lain sebagainya. Itu semuanya nanti akan menghiasi kawasan ini menjadi kawasan yang terangkat kembali," katanya.

"Sehingga harapannya kita adalah semua orang bisa berkunjung di kawasan ini menyaksikan apa yang ditampilkan kembali dengan kita menilik masa lampau, kita hidupkan kembali sehingga ini menjadi jualan yang mempunyai daya tarik tersendiri," ujarnya.

 

Pada sisi kawasan parkir bagi pengunjung, selain akan menyiapkan halaman parkir roda dua dan roda empat, juga akan ada kendaraan khusus yang akan melayani tamu-tamu berkeliling dalam benteng melihat objek-objek wisata itu. Luas fisik benteng keraton kurang lebih 2.740 meter atau pada kawasannya kurang lebih seluas 22 hektare itu, di dalamnya diharapkan merupakan kawasan pariwisata dan kawasan budaya yang menjadi perhatian.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement