Rabu 27 Jan 2021 16:33 WIB

Xi Jinping Peringatkan Perang Dingin Baru 

Xi mendesak persatuan dalam menghadapi pandemi virus corona.

Rep: Alkhaledi Kurnialam/ Red: Ani Nursalikah
Xi Jinping Peringatkan Perang Dingin Baru . Presiden China Xi Jinping.
Foto:

Menurutnya, forum G20 harus diperkuat sebagai forum utama untuk tata kelola ekonomi global dan dunia harus terlibat dalam koordinasi kebijakan makroekonomi yang lebih erat. Ia juga menekankan, komunitas internasional harus diatur sesuai dengan aturan dan konsensus yang dicapai oleh semua negara, bukan dengan satu atau beberapa perintah dari suatu negara. 

Di bawah pemerintahan Donald Trump, ketegangan memanas antara AS dan China. Dua negara dengan ekonomi teratas dunia mulai bersiteru mulai dari perdagangan, teknologi hingga isu Hong Kong, Xinjiang, dan virus corona.

Pemimpin China itu juga menegaskan akan berkomitmen memangkas emisi karbon hingga 65 persen pada 2030 dan mencapai netralitas karbon pada 2060. Dua visi tersebut merupakan komitmen signifikan karena China mengeluarkan seperempat gas rumah kaca dunia.

 

“Memenuhi target ini akan membutuhkan kerja keras yang luar biasa dari China.  Tapi kami percaya ketika kepentingan seluruh umat manusia dipertaruhkan, China harus melangkah maju, mengambil tindakan dan menyelesaikan pekerjaan,” katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement