Rabu 03 Feb 2021 20:36 WIB

Palestina Mulai Vaksinasi Setelah Dapat 20 Ribu Dosis Vaksin

Palestina menerima vaksin Moderna dari Israel.

Palestina Mulai Vaksinasi Setelah Dapat 20 Ribu Dosis Vaksin. Warga Palestina melintasi pagar keamanan Israel ke daerah Israel dekat kota Hebron, Tepi Barat, Ahad (31/1/2021). Pekerja Palestina memasuki Israel meskipun ada larangan masuk di tengah kekhawatiran atas penyebaran virus Covid- 19.
Foto:

Menkes Palestina itu memperkirakan vaksinasi baru akan rampung dalam waktu beberapa bulan ke depan. Warga berusia di atas 60 tahun atau mereka yang punya penyakit kronis akan jadi penerima vaksin prioritas setelah tenaga kesehatan.

Jika kelompok rentan itu telah divaksin, pemerintah akan menggelar vaksinasi untuk masyarakat umum, kata Kementerian Kesehatan Palestina lewat pernyataan tertulisnya. Beberapa organisasi pembela hak asasi manusia sebelumnya mendesak Israel memastikan warga Palestina juga menerima vaksin Covid-19.

Israel sejak 1967 telah menduduki paksa Tepi Barat, wilayah yang banyak dihuni oleh warga Palestina. Israel sampai hari ini masih menempati urutan pertama untuk negara dengan tingkat vaksin per kapita tertinggi dunia.

Beberapa pejabat Israel sempat mengatakan tanggung jawab pengadaan vaksin seharusnya diemban oleh Kementerian Kesehatan Palestina sebagai lembaga yang bernaung di bawah Otoritas Palestina. Setidaknya ada sekitar 101.221 kasus positif Covid-19 di Tepi Barat, tempat yang dihuni oleh 3,1 juta warga Palestina.

 

Dari total pasien positif, 1.271 orang di antaranya meninggal dunia. Di Jalur Gaza, tempat yang dihuni oleh dua juta warga Palestina, ada lebih dari 51 ribu kasus positif dan 523 di antaranya wafat akibat Covid-19.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement