Senin 08 Feb 2021 00:13 WIB

Penjelasan Lapan Soal Suara Dentuman Misterius

Beberapa pekan terakhir masyarakat melaporkan adanya suara dentuman.

Penjelasan Lapan Soal Suara Dentuman Misterius
Foto: blog.unikom.ac.id
Penjelasan Lapan Soal Suara Dentuman Misterius

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) mengatakan lapisan inversi menyebabkan terjadinya suara dentuman di beberapa daerah di Indonesia belakangan ini. Beberapa pekan terakhir masyarakat melaporkan adanya suara dentuman yang muncul di sejumlah daerah di antaranya di Buleleng, Lampung, dan Malang.

 

Baca Juga

"Selain karena adanya benda ilmiah yang masuk atmosfer, fenomena dentuman ini bisa juga muncul akibat adanya lapisan inversi di atmosfer," kata peneliti Sains Atmosfer di Pusat Sains dan Teknologi Atmosfer Lapan Erma Yulihastin dalam keterangan pers, Ahad (7/2).

 

Dia menuturkan lapisan inversi adalah lapisan atmosfer yang hangat berada di atas lapisan atmosfer yang dingin. Pada kondisi normal, suhu atmosfer turun bersama ketinggian sehingga lapisan atmosfer yang dingin berada di atas lapisan atmosfer yang hangat.

 

Namun, pada lapisan inversi terjadi sebaliknya di mana lapisan atmosfer yang hangat berada di atas lapisan atmosfer yang dingin karena itu disebut inversi (terbalik). Tim Reaksi Analisis Kebencanaan (TREAK) Lapan mengatakan lapisan inversi biasa terjadi pada malam dan dini hari karena udara di dekat permukaan mendingin (pendinginan radiatif), sementara udara di atasnya tetap hangat.

 

Lapisan inversi juga dapat terjadi karena aliran udara hangat/dingin (adveksi) dan bertemunya udara hangat/dingin (front). Lapisan inversi merupakan sesuatu yang biasa dan normal terjadi dalam dinamika atmosfer.

 

 

sumber : Antara

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement