Rabu 10 Feb 2021 22:53 WIB

Tuntunan Doa Setelah Akad Nikah

Tuntunan Doa Setelah Akad Nikah

Rep: Imas Damayanti/ Red: Muhammad Hafil
Tuntunan Doa Setelah Akad Nikah. Foto: Ilustrasi Pernikahan Dini
Foto: Pixabay
Tuntunan Doa Setelah Akad Nikah. Foto: Ilustrasi Pernikahan Dini

IHRAM.CO.ID, JAKARTA – Setelah mengucapkan ijab qabul, disunahkan memberi ucapan selamat kepada kedua suami-istri yang baru menikah. Doa setelah akad nikah ini pun merupakan bagian dari adab seorang Muslim.

Hal ini sebagaimana yang diriwayatkan Nabi Muhammad SAW. Nabi berdoa: “Baarakallahu lakuma wa baaraka alaikuma,”. Yang artinya: “Semoga Allah melimpahkan keberkahan bagi kalian berdua, dan keberkahan dalam apa saja yang dikaruniakan bagi kalian,”.

Baca Juga

Muhammad Bagir dalam buku Muamalah Menurut Alquran, Sunah, dan Para Ulama menjelaskan, membacakan doa-doa bagi kedua mempelai yang baru saja menunaikan ijab qabul merupakan bagian dari sunah Nabi.

Hal ini sebagaimana yang dicontohkan Rasulullah SAW ketika menikahkan putrinya Sayyidah Fatimah dengan Sayyidina Ali bin Abi Thalib. Nabi berdoa: “Jama’allahu syamlakuma wa baaraka lakuma wa athaaba naslakuma waja’ala naslakuma mafaatiha ar-rahmati wa ma’aadina al-hikmati wa amnal-ummati,”.

Yang artinya: “Semoga Allah mempersatukan hati kalian berdua, melimpahkan berkah-Nya atas kalian, memberikan keturunan yang baik bagi kalian dan menjadikan mereka kunci-kunci pembuka rahmat, sumber segala nikmat dan pembawa keselamatan bagi umat,”.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement