Kamis 11 Feb 2021 21:16 WIB

Cianjur Fokus Pemulihan Ekonomi Setelah Vaksinasi Tuntas

Tidak hanya roda perekonomian yang terhambat, tapi juga tingkat daya beli masyarakat.

Cianjur Fokus Pemulihan Ekonomi Setelah Vaksinasi Tuntas (ilustrasi).
Foto: Tim Infografis Republika.co.id
Cianjur Fokus Pemulihan Ekonomi Setelah Vaksinasi Tuntas (ilustrasi).

IHRAM.CO.ID,CIANJUR -- Pemerintah KabupatenCianjur, Jawa Barat, akan fokus untuk memulihkan perekonomianmelalui berbagai program seperti penyediaan pasar bagi produk unggulan UMKM dan promosi objek wisatasetelah vaksinasi hingga tingkat masyarakat umum tuntas dilakukan.

Bupati Cianjur Herman Suherman mengatakan pihaknya segera tancap gas untuk mengembalikan perekonomian yang terpuruk di berbagai bidang, terutama bagi pelaku UMKM yang telah bertahan dalam masa yang sulit ini.

"Selama pandemi sebagian besar sektor usaha mulai perusahaan besar hingga home industryterdampak, hampir di seluruh Indonesia bahkan dunia. Harapan kami pemberian vaksin ini, dapat menjadi serum yang efektif untuk melawan Corona, sehingga pemulihan ekonomi dapat dilakukan," katanya di Cianjur Kamis (11/2).

Saat ini, menurut dia, tidak hanya roda perekonomian yang terhambat, tapi juga tingkat daya beli masyarakat yang terus menurun setiap bulannya, sehingga pemerintah daerah juga melakukan program promosi belanja dari tetangga untuk memperkuat daya tahan UMKM.

Selain itu, pemerintah daerah terus berupaya untuk mengundang berbagai investor dalam maupun luar negeri agar penciptaan lapangan kerja dapat tumbuh dan tingkat pengangguran dapat berkurang.

"Sudah tentu dengan berbagai kemudahan yang akan kita tawarkan pada investor yang akan berinvestasi di Cianjur, terlebih kedepan setelah ada jalan tol yang pembangunan sedang dipercepat pemerintah pusat, akses menuju dan keluar Cianjur akan lebih mudah dan cepat," katanya.

Kepala Dinas Koperasi Perindustrian dan perdagangan (Diskoperindag) CianjurTohari Sastra menambahkan saat ini daya beli masyarakat dan roda perekonomian di Cianjurmelemah dan hanya pelaku UMKM yang mampu bertahan dalam mengembangkan produk unggulan.

Untuk itu, pembinaan, pelatihan hingga bantuan modal akan diberikan sebagai upaya memulihkan perekonomian di Cianjur, termasuk menyediakan sarana dan prasarana promosi produk akan dilakukan dari tingkat desa hingga kabupaten.

"Semoga dengan vaksinasi dapat mengembalikan situasi kembali normal dan pandemi usai, sehingga berbagai upaya memulihkan perekonomian dapat dengan mudah dilakukan tanpa ada berbagai pembatasan sosial yang selama ini menyulitkan sektor usaha mulai dari skala rumahan hingga perusahaan besar," katanya.

sumber : ANTARA
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement