Selasa 16 Feb 2021 19:38 WIB

Pemuda Kota Malang Didorong Jadi Generator Ekonomi Kreatif

Pertumbuhan industri start up digital di Kota Malang saat ini semakin membaik.

Pemuda Kota Malang Didorong Jadi Generator Ekonomi Kreatif (ilustrasi).
Foto: Antara/Ari Bowo Sucipto
Pemuda Kota Malang Didorong Jadi Generator Ekonomi Kreatif (ilustrasi).

IHRAM.CO.ID,MALANG -- Pemerintah Kota Malang mendorong para pemuda yang ada di wilayah Kota Malang, mampu menjadi generator atau pendorong sekor ekonomi kreatif pada kota terbesar kedua di Jawa Timur tersebut.

Wali Kota Malang Sutiaji mengatakan bahwa peranan para pemuda di Kota Malang, memiliki kekuatan tersendiri dalam mendorong tumbuh kembangnya sektor ekonomi kreatif berbasis industri digital.

"Dasar ekonomi kreatif memang yang menggerakkan adalah pemuda, kita punya kekuatan luar biasa, generasi Z mencapai 50,63 persen. Ini menjadi kekuatan tersendiri, bagi tumbuh kembangnya ekonomi kreatif," kata Sutiaji, di Kota Malang, Jawa Timur, Selasa (16/2).

Sutiaji menjelaskan, pertumbuhan industri start up digital di Kota Malang saat ini semakin membaik. Tercatat, hingga saat ini ada sebanyak 151 perusahaan start up di wilayah Kota Malang.

Dengan adanya potensi sumber daya manusia dari kalangan anak-anak muda, lanjut Sutiaji, menjadikan para pemuda yang ada di wilayah Kota malang memegang kunci penting dalam arah pembangunan daerah.

Sutiaji menambahkan, dengan tuntutan agar para pemuda mampu menjadi pendorong ekonomi kreatif berbasis teknologi tersebut, sudah seharusnya juga diimbangi dengan karakter yang mengutamakan kepentingan bangsa.

“Tidak hanya meningkatkan ekonomi kreatif, tapi juga harus menancapkan karakter bangsa,” ujar Sutiaji.

Diharapkan, dengan adanya peranan para pemuda di wilayah Kota Malang tersebut, bisa memberikan kontribusi terhadap perekonomian daerah, hingga pada akhirnya untuk perekonomian nasional.

"Pemuda sangat bermakna bagi tumbuh kembang ekonomi kreatif yang saat ini menjadi idola pertumbuhan ekonomi. Mudah-mudahan Malang menjadi gudang para inspirator," ujar Sutiaji.

Sebagai informasi, sejumlah perwakilan pemuda yang ada di wilayah Kota Malang, diberikan kesempatan untuk menyampaikan aspirasi kepada Pemerintah Kota Malang. Para pemuda tersebut dilibatkan dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Pemuda.

Badan Perencanaan, Pembangunan Daerah (Bapedda) Kota Malang Dwi Wahyuni mengatakan bahwa para pemuda Kota Malang, telah menyampaikan sejumlah usulan terkait pembangunan Kota Malang.

Diharapkan, Musrenbang Pemuda tersebut bisa menjadi wadah bagi anak-anak muda Kota Malang untuk aktif berpartisipasi dalam Rencana Kerja Pemerintah Daerah Kota Malang tahun 2022.

 

sumber : ANTARA
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement