Lagos Desak Calon Jamaah Haji Lakukan Vaksinasi Covid-19

Rabu , 03 Mar 2021, 11:29 WIB Reporter :Zahrotul Oktaviani/ Redaktur : Esthi Maharani
 Sejumlah calon jamaah haji  mengelilingi Ka
Sejumlah calon jamaah haji mengelilingi Ka

IHRAM.CO.ID, LAGOS -- Komisaris Negara Bagian Lagos untuk Urusan Dalam Negeri, Pangeran Anofiu Olanrewaju Elegushi, telah mendesak calon jamaah haji 2021 untuk melakukan vaksin Covid-19. Vaksinasi bisa dilakukan setiap kali dosisnya tiba di Nigeria.

 

Terkait

Selama pertemuan khusus yang dilakukan dengan Liga Ulama dari Dewan Kesejahteraan Peziarah Muslim Negara Bagian Lagos, Pangeran Elegushi juga diketahui memberikan peringatan terkait vaksinasi ini.

Dilansir di PM News Nigeria, Rabu (3/3), Komisaris yang juga merangkap sebagai Asiwaju Tanah Ikate ini mendesak jamaah haji, ulama dan pemangku kepentingan lainnya dalam operasi haji tidak memberikan ruang berputus asa.

Dia menambahkan, hanya pemegang sertifikat vaksin yang diizinkan masuk ke Kerajaan Arab Saudi saat haji dimulai.

Saat berbicara tentang perjalanan udara dan keselamatan jamaah haji ke dan dari Arab Saudi, ia ingin memastikan hanya maskapai terkemuka yang terlibat untuk pengangkutan jamaah haji. Proses penerbangan jamaah ini disebut membutuhkan waktu dua hingga tiga hari operasi.

Tak hanya itu, ia menekankan sistem lama yang menyatakan calon jamaah haji tinggal di bandara selama berminggu-minggu sebelum diterbangkan hilang untuk selamanya.

Setiap maskapai penerbangan yang melanggar setiap aturan dalam perjanjian pengangkutan udara, disebut akan dikenakan sanksi yang sesuai.

Mengingat tahun lalu tidak ada keberangkatan haji, Pangeran Anofiu mengapresiasi semua calon jamaah haji yang terkena dampak. Mereka tetap memilih membiarkan ongkos haji dipegang pemerintah negara bagian.

Elegushi menyatakan haji seperti pilar yang menyatukan seluruh alam semesta. Ia berjanji, akomodasi yang sesuai akan disediakan bagi para peziarah, baik di Makkah, Madinah, maupun Mina.

Terakhir, dia meminta dukungan ulama untuk pemerintah negara bagian, dalam upayanya memberikan pengalaman haji dan perawatan medis terbaik bagi para peziarah di Kerajaan Arab Saudi.

Di sisi lain, Penasihat Khusus Gubernur urusan Islam, Alh. Ahmed Abdullahi Jebe, menyerukan hubungan yang harmonis dan ramah antara para ulama dan petugas haji, dalam berurusan dengan para calon jamaah di berbagai Area Pemerintah Lokal di Negara Bagian.

Dia mengatakan kerja sama kedua pihak ini akan semakin membantu negara dalam mencapai kesuksesan yang sangat dibutuhkan dalam operasi haji.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini