Jumat 05 Mar 2021 01:00 WIB

Museum Mesir Sentuhkan Desain Futuristik dengan Obelisk

Museum Mesir Sentuhkan Desain Futuristik dengan Obelisk gantung.

Rep: Dea Alvi Soraya/ Red: Muhammad Hafil
Museum Mesir Sentuhkan Desain Futuristik dengan Obelisk
Foto: Egypt Today
Museum Mesir Sentuhkan Desain Futuristik dengan Obelisk

IHRAM.CO.ID, KAIRO—Grand Egyptian Museum mengunggah  gambar penampilan baru fasad dan halaman luar museum setelah pembangunan obelisk gantung.  Setelah peremajaan, obelisk gantung telah dipasang di depan fasad Museum Agung Mesir dan kini telah menjadi satu kesatuan yang akan dilihat pengunjung sebelum memasuki museum.

Desain ini adalah yang pertama di Mesir bahkan dunia. Arsitektur ini memberikan tampilan yang unik, karena pengunjung diberikan pengalaman berdiri di atas plat kaca transparan, bertumpu pada dasar obelisk.

Baca Juga

Jika pengunjung mengarahkan pandangan lebih tinggi, maka mereka akan melihat cartouche langka bertuliskan nama Raja Ramses II, yang muncul di  bagian dalam tubuh obelisk, setelah disembunyikan selama lebih dari 3500 tahun. Maka akan terjadi kontak visual antara mata pengunjung, di jarak antara pangkal obelisk di tanah, dengan tubuh cartouche yang berada diatas kepala para pengunjung.

Memasang obelisk adalah rekayasa yang rumit, karena obelisk harus diamankan dari getaran apapun, termasuk getaran dari kereta bawah tanah maupun dari pergerakan mobil di sekitar museum.

 

Museum Agung Mesir, adalah salah satu museum terbesar di dunia dan museum terbesar yang didedikasikan untuk satu peradaban di dunia. Seluruh dunia mengantisipasi peluncuran museum unik itu, karena akan menampung lebih dari 50.000 artefak dari berbagai era Mesir kuno, selain semua barang pribadi Raja Emas Tutankhamun, dikumpulkan dan dipajang di satu tempat untuk pertama kalinya dalam sejarah.

sumber : Egypt Today
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement