Kamis 04 Mar 2021 20:12 WIB

Partai Sayap Kanan Jerman Makin Diawasi

Mereka dicurigai mendukung posisi ekstrem yang mengancam demokrasi.

Rep: Lintar Satria/ Red: Ani Nursalikah
Partai Sayap Kanan Jerman Makin Diawasi. Pendemo meneriakkan tuntutan dan memegang spanduk dalam demonstrasi melawan konvensi pemilihan pemimpin partai sayap kanan Jerman Alternative fuer Deutschland (AfD) di Congress Center, Hanover, Sabtu (2/12). AfD merupakan partai yang anti-Islam dan anti-imigran.
Foto:

Dewan Pusat Yahudi di Jerman menyambut baik berita keputusan badan intelijen memperketat pengawasan pada AfD. Lembaga itu mengatakan politik AfD merusak institusi dan melemahkan demokrasi.

"Badan intelijen dalam negeri mengambil langkah yang tepat dan perlu," kata mereka.

Badan intelijen akan memulainya dengan meninjau program politik dan pidato politik AfD pada 2019. Tujuannya menetapkan apakah mereka perlu meningkatkan pengawasan seperti melakukan penyadapan dan melacak jalur pendanaan partai.

Dua tahun yang lalu AfD menggugat pemerintah dan pengadilan melarang BfV menunjuk partai tersebut sebagai kasus untuk diselidiki. Sebab akan merugikan mereka dalam pemilihan.

Namun, pengadilan menolak petisi AfD untuk mencegah BfV melakukan peninjauan intelijen terhadap mereka. Kasus ini masih dalam proses pengadilan.

 

Bulan lalu BfV mengatakan pada pengadilan di Kota Cologne, mereka tidak akan mengawasi anggota parlemen AfD yang duduk di kursi legislatif nasional, regional dan Eropa selama kasus itu masih disidangkan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement