Jumat 19 Mar 2021 05:15 WIB

Kenaikan Ongkos Haji Turunkan Minat Muslim India

Minat haji Muslim India turun 77 persen.

Rep: Mabruroh/ Red: Ani Nursalikah
Kenaikan Ongkos Haji Turunkan Minat Muslim India
Foto:

“Biaya segala sesuatu telah meningkat, di mana sebelumnya enam orang bisa tinggal di satu kamar, sekarang satu kamar hanya untuk empat orang; jumlah orang dalam bus dibatasi, pajak juga meningkat. Jadi semua ini akan berdampak pada biaya,” kata Kherada.

Kendati demikian, lanjutnya di sektor swasta atau haji khusus kenaikan ongkos haji ini tidak begitu berdampak. Karena mereka yang ingin menunaikan ibadah haji tetap akan berangkat.

“Kami masih belum menerima pemesanan apa pun sekarang. Jika kami mulai menerima pemesanan, kami akan menerima banyak aplikasi. Kami menunggu sampai pemerintah Saudi mengumumkan kuota dan kedua pemerintah menandatangani perjanjian bilateral, samoai saat itu kami tidak akan menerima pemesanan,” katanya.  

Ketua Asosiasi Penyelenggara Tur Umrah Haji Seluruh India (AIHUTOA), Shoukat Ibrahim Tamboli, mengatakan setiap tahun biaya haji meningkat sekitar 5 persen hingga 10 persen tetapi tahun ini diprediksi akan naik hingga 20 persen sampai 25 persen.

“Tapi kami belum bisa mendapatkan angka pastinya karena pemerintah Saudi belum mengumumkan berapa jumlah jemaah yang akan diizinkan. Mungkin ada situasi di mana hotel-hotel kosong karena lebih sedikit orang yang bepergian ke Saudi. Dalam hal ini, harga juga bisa turun," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement