Ahad 04 Apr 2021 19:11 WIB

Hidroponik Model Ketahanan Pangan Rumah Tangga

Bercocok tanam tidak melulu dari pola konvensional yang membutuhkan lahan yang luas.

Pengurus Masjid Baitussalam Yono (45) merawat tanaman di atap Masjid Baitussalam, Jalan Kesejahteraan, Jakarta Barat, Senin (15/3). Masjid Baitussalam ini mengembangkan tanaman hidroponik berbagai macam jenis sayuran untuk dijual kepada warga sekitar guna menambah pendapatan kas untuk biaya operasional masjid. Republika/Thoudy Badai
Foto:

Ia mengaku, semua hasil panen dikonsumsi untuk keluarga sendiri, namun kalau berlebih dibagikan ke tetangga dan oleh-oleh bagi teman yang datang.Pada dasarnya, nutrisi hidroponik merupakan zat-zat yang dibutuhkan oleh tanaman hidroponik agar dapat tumbuh dengan baik dengan menambahkan unsur hara.Normalnya, unsur hara seperti nitrogen bisa didapat dari tanah.

Namun karena media tanam tumbuhan hidroponik tidak menggunakan tanah, maka diperlukan nutrisi khusus."Saat ini tidak sulit mencari hara, itu membuat saya happy, hara yang dibutuhkan untuk hidroponik itu sudah available di dalam negeri," kata Ani yang kini bermukim di Yogyakarta.

Beberapa zat penting yang perlu dimiliki nutrisi hidroponik selain nitrogen adalah fosfat, kalium, kalsium, sulfur, hingga magnesium.Salah satu kemudahan dari berkebun hidroponik adalah segala parameter untuk budi daya tanaman lebih mudah dikelola dan dikendalikan.

"Kalau tanah harus dianalisis dulu tanahnya, kandungan hara yang tersedia apa saja kemudian memberikan kandungan sesuai dengan kebutuhan tanaman," paparnya.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement