Senin 05 Apr 2021 23:50 WIB

Industri Daur Ulang Berperan Bagi Ekonomi Nasional

Industri daur ulang plastik nasional memiliki peranan yang penting.

Pekerja meratakan olahan plastik yang dikumpulkan dari bank sampah mandiri masyarakat dan sekolah serta TPA Gampong Jawa saat penjemuran di pusat daur ulang bank sampah induk sadar mandiri, Banda Aceh, Aceh, Rabu (17/3/2021). Bank Sampah merupakan konsep pengumpulan dan pengolahan sampah sebagai strategi untuk membangun kepedulian masyarakat agar dapat secara langsung memanfaatkan sampah untuk peningkatan perekonomian keluarga.
Foto:

Selanjutnya untuk produsen bahan kemasan plastik harus meneliti agar dapat menghasilkan bahan kemasan plastik yg ramah lingkungan dengan komitmen time frame yang jelas.

 

Terakhir, dari sisi masyarakat harus bisa bertanggung jawab untuk mengelola sampah plastik di rumah tangga dengan melakukan pemilahan dan menempatkan plastik secara terpisah dari sampah rumah tangga lainnya dan tidak membuang sampah plastik ke lingkungan.Seluruhnya itu dibutuhkan untuk mendukung ekosistem berkelanjutan dari industri daur ulang plastik sehingga dapat memiliki peranan yang besar bagi ekonomi di Indonesia.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement