Kamis 08 Apr 2021 16:15 WIB

Seluruh Napi Positif di Lapas Tasikmalaya Berstatus OTG

Seluruh Napi Positif di Lapas Tasikmalaya Berstatus OTG

Rep: Bayu Adji/ Red: Muhammad Hafil
Suasana ruang isolasi para napi yang terkonfirmasi positif Covid-19 di Lapas Tasikmalaya, Selasa (6/4).
Foto: Republika/Bayu Adji P.
Suasana ruang isolasi para napi yang terkonfirmasi positif Covid-19 di Lapas Tasikmalaya, Selasa (6/4).

IHRAM.CO.ID, TASIKMALAYA -- Sebanyak 93 narapidana (napi) di Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Kelas II B Tasikmalaya terkonfirmasi positif Covid-19. Para napi itu telah dipisahkan dengan para napi lainnya yang telah dinyatakan negatif maupun menunggu hasil.

Kepala Lapas Kelas II B Tasikmalaya, Davy Bartian mengatakan, para napi yang terkonfirmasi positif Covid-19 telah ditempatkan di Blok A. Berdasarkan pantauan Republika, terdapat empat kamar di blok itu yang dijadikan tempat isolasi. Akses ke blok itu telah dibatasi dengan kayu dan dipasangi tulisan steril area.

Baca Juga

"Di sana ada warga binaan yang positif. Semua OTG (orang tanpa gejala), jadi diisolasi mandiri di blok khusus," kata dia, Selasa (6/4) malam.

Ia mengakui, pihak lapas mengalami beberapa kendala dalam penanganan para napi yang terkonfirmasi positif. Salah satu kendala yang dihadapi lapas adalah kurangya tenaga medis yang kompeten. Di Lapas Tasikmalaya hanya terdapat seorang dokter dan beberapa perawat.

Selain itu, pihak lapas juga kekurangan stok obat dan vitamin untuk para napi yang positif Covid-19. "Tapi kita terus berkoordinasi dengan Satgas Covid-19 dan Dinkes Kota Tasikmalaya untuk membantu dalam penangan penyebaran Covid-19 di lapas ini," kata dia.

Davy mengatakan, selama para napi dalam kondisi sehat, tidak mungkin penanganannya dilakukan di luar lapas. Namun, jika terdapay keadaan darurat, penanganan di luar lapas mau tak mau harus dilakukan.

"Apabila ada gejala serius, kita akan tindak lanjuti perawatan di luar lapas. Tentu dengan pengamanan ketat. Jangan sampai pasiennya lari, jadi timbul masalah lagi," ujar dia.

Ia mengatakan, jika diperlukan penanganan napi positif Covid-19 di luar lapas, pihaknya akan berkoordinasi dengan aparat kepokisian untuk melakukan pengamanan. Jika perlu, pihaknya juga akan melibatkan TNI dalam melakukan pengamanan.

"Tapi saya mohon doa dari semua agar pandemi di lapas ini dapat segera diatasi dengan baik. Jangan sampai kami merepotkan pihak lain dalam penaganan ini," kata dia.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya, Uus Supangat mengatakan, berdasarkan data terakhir, napi yang terkonfirmasi positif Covid-19 di Lapas Tasikmalaya masih berjumlah 93 orang. Namun, pihaknya berencana melakukan pemeriksaan swab ulang kepada para warga binaan.

"Kita hari ini kunjungan ke lapas. Mudah-mudahan tifak ada tambahan yang sakit," kata dia kepada Republika, Rabu (7/4).

Ia menambahkan, pihaknya juga terus berkoordinasi dengan pihak lapas terkait kebutuhan tenaga medis, obat, dan vitamin, untuk para napi positif Covid-19. Menurut dia, Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya akan membantu penanganan Covid-19 di Lapas Tasikmalaya. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement