Senin 12 Apr 2021 23:03 WIB

Balai Pembibitan Domba Garut Jaga Kemurnian Genetika

Saat ini pembangunan balai pembibitan domba garut itu sudah tahap pembebasan lahan

Peternak memeriksa domba Garut di Balai Pengembangan Pembibitan Ternak Domba dan Kambing (BPPTDK) Margawati, Kabupaten Garut, Jawa Barat, Rabu (17/3/2021). Balai pembibitan yang didirikan pemerintah Jawa Barat Tahun 1975 bertujuan untuk mempertahankan genetika serta peningkatan populasi domba yang hingga Maret 2021 sebanyak 1.700 ekor domba Garut.
Foto:

Ia menyampaikan saat ini pembangunan balai pembibitan domba garut itu sudah tahap pembebasan lahan seluas 8,7 hektare di Kecamatan Sukawening dengan kondisi alamnya yang cocok untuk pengembangbiakan domba.

Tahap selanjutnya, kata dia, akan dilakukan pembangunan sarana dan prasarana seperti kandang, kemudian kandang untuk kawin, pembuatan pakan, ruangan laboratorium, dan ruang kantor untuk pekerja.

"Tahun 2019 kita selesai pembebasan lahan, lalu 2020 ditunda dulu karena ada COVID-19, tahun berikutnya 2022 kita fokus pada pembangunan balai," katanya.

Ia menyampaikan kebutuhan anggaran untuk pembangunan balai pembibitan itu sebesar Rp10 miliar yang ditargetkan 2024 sudah bisa beroperasi melakukan pembibitan domba garut.Ia berharap adanya balai pembibitan itu maka peternak bisa membeli bibit domba garut dengan harga murah dan kualitasnya terjamin.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement