Selasa 13 Apr 2021 22:10 WIB

Wapres Ungkap Alasan Perbankan Syariah Tumbuh Positif

Perbankan syariah menggunakan sistem bagi hasil atau berbagi beban.

Wakil Presiden Ma
Foto: KIP/Setwapres
Wakil Presiden Ma

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Presiden Ma'ruf Amin mengungkap alasan sektor perbankan syariah tetap tumbuh positif di tengah pandemi Covid-19. Wapres mengatakan, ini karena perbankan syariah menggunakan sistem bagi hasil atau berbagi beban.

Ia menyebut, seperti dalam bermudharabah atau kerja sama antara pemilik dana dan pengelola dana, sistem bagi hasil membuat antara pengelola dana dan pemilik dana memperoleh keuntungan yang sama. Sehingga apalagi keuntungan diperoleh maka besarannya sama antara pemilik dana dengan pengelola.

Baca Juga

"Juga sistem di perbankan syariah itu ada sistem jual beli, ada keuntungan, jadi sistem berkeadilan ini yang kemudian membuat bank sendiri tidak mengalami negatif, dan beban kepada nasabah juga disesuaikan dengan situasi ekonomi," ujar Wapres dalam program Economic Challenges Special Ramadan secara virtual, Selasa (13/4).

Karena itu, Wapres menyebut sektor perbankan syariah tetap bisa bertahan meski perekonomian mengalami kontraksi di saat pandemi Covid-19. "Karena itu dia (perbankan syariah) bertahan, dia fleksibel dalam rangka beban-beban yang dipikul oleh masing masing," kata Ma'ruf.

 

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement