Jumat 16 Apr 2021 17:00 WIB

Tiga Faktor Pendukung Perkembangan Teknologi Dunia Islam

Setidaknya ada tiga faktor pendukung bagi perkembangan teknologi di dunia Islam

Menikmati Wadi Lajab, Surga di Tengah Gurun
Foto:

Para pedagang mendapatkan kelebihan laba untuk berinvestasi di bidang pertanian. Barang-barang ekspor melipatgandakan pertumbuhan industri. Adapun industri yang berkembang adalah permadani, sutra,wol, satin, brokat, perabotan rumah tangga, dan alat-alat dapur. Kemudian pabrik yang tercatat muncul seperti pabrik gelas, keramik, krtas, gula, dan sabun. Produk yang dihasilkan dunia Islam dipasarkan dari Asia Barat, Eropa, dan Timur Jauh.

Geografer al Makdisi dalam Ahsan at Taqasim fi Marifat al aqalim (pembagian-pembagian terbaik dalam mengenal provinsi) mencatat kegemilangan industri dunia Islam yang meliputi sabun, karpet, lampu tembaga, timah hitam, gunting, jarum, pisau pedang dan panah. Will Durant seorang sejarawan yang menilis The Story of Civilization mengakui di bawah pemerintahan Islam, Asia Barat mencapai puncak kemajuan industri dan kesejahteraan komersial yang tak tertandingi Eropa Barat pada abad ke-16.

Pada saat yang sama, pertanian juga mendapat perhatian penting untuk berkembang di masa Abbasiyah. Aktivitas pertanian membutuhkan pengembangan dan pemeliharaan jaringan kanal yang sudah dibangun sebelumnya. bersamaan dengan itu, muncul kebutuhan untuk memacu perkembangan industri pertanian, lalu munculnya industri tekstil, parfum, dan gula. Pertumbuhan industri ini pada akhirnya meningkatkan volume perdagangan.

Dengan demikian, perdagangan, industri, dan pertanian menjadi tiga aktivitas terkait yang saling mendukung dalam perkembangan teknologi peradaban Islam. Sementara itu, perluasan wilayah juga menimbulkan revolusi yang berdampak luas terhadap berbagai aspek kehidupan seperti produksi pertanian, kependudukan, pertumbuhan kota, distriusi tenaga kerja, dan masakan. Jelas bahwa tidak satupun aspek-aspek ini yang berkembang tanpa disertai perkembangan teknologi.

 (Disarikan dari Ensiklopedia Tematik Dunia Islam)

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement