Sabtu 24 Apr 2021 05:10 WIB

Kisah Pedagang Utsmaniyah yang Pergi Haji dari Cape Town

Kisah tersebut mengaitkan hubungan sejarah Cape Town dan Utsmaniyah.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Agung Sasongko
Suasana kesibukanperdagangan pada masa Ottoman.
Foto:

Koneksi Ottoman

Gencoglu dan Petersen menduga Carel memanfaatkan kekayaan dan hubungan keluarga Utsmaniyah. Jika dia memang putra pedagang Abdullah yang dirampok saat dalam perjalanan ke Maputo untuk menjual produknya, Carel menyadari bahwa dirinya berasal dari keluarga kaya.

“Kami tidak yakin apakah sumber ini berkaitan dengan ayah Gasanodien atau tidak tapi secara kronologis, tanggal tersebut juga sesuai dengan pembajakan pedagang Otsmaniyah Abdullah dan kemudian tanggal lahir Gasanodien, putra Abdullah di Cape,” kata dia.

Lebih lanjut Gencoglu mengatakan nama Gasanodien masih menjadi nama populer di keluarga Effendi. Ini menandakan bahwa anggota keluarga selalu mementingkan nenek moyang mereka.

Buyut dari Hadje Gasanodien, Nathri Effendi mengatakan bahwa ketika Loos menulis tentang Carel Pelgrim di sebuah kolom pada tahun 2003, almarhum ayahnya, Mahmud Effendi menelepon Loos dan mengatakan kepadanya dia adalah keturunan dari Gasanodien. Dia ingin mengoreksi sejumlah fakta dalam artikel kolomnya. Namun, pertemuan tersebut tidak pernah terjadi.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement