Selasa 27 Apr 2021 17:06 WIB

Mengenal Kejeniusan Al Jazari

Melalui bukunya Al Jazari berbagi pengetahuan dengan semua pembacanya.

Rep: Mabruroh/ Red: Agung Sasongko
Al Jazari

Al-Jazari sering menggabungkan gerakan air dan desain camshaft awal ini untuk menciptakan kreasi hybrid. Ketergantungannya yang besar pada air dalam desainnya membuatnya mendapatkan julukan "The Master of Water."

Temuannya yang lain adalah robot. Ini menunjukkan betapa majunya pemikiran  Al-Jazari, dan pasti sesuatu yang tidak tertandingi pada masanya. Robot unik buatannya mengandalkan pompa hidrolik awal, yang mengukur waktu sebagai stopwatch, dan bersiul ketika waktunya habis.

Tapi mungkin yang paling unik dari automatanya adalah band robot musiknya. Ini menampilkan perahu dengan empat musisi robot buatan, yang dirancang untuk menghibur para tamu. Pita robot juga ditampilkan secara detail dalam bukunya.

Penemuan ini menunjukkan sistem kompleks air dan bubungan putar yang digunakan untuk menggerakkan "robot" dan instrumennya. Ada kemungkinan instrumen utama yang digunakan adalah drum, yang temponya bisa berganti-ganti dengan posisi cam yang berbeda. Robot musik itu juga bisa membawakan beberapa lagu unik.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement