Rabu 28 Apr 2021 22:10 WIB

Wapres Ingin Konversi Bank Syariah Diperluas Hingga BPD

Konversi berbagai BPD terutama yang besar menjadi bank syariah harus dapat diwujudkan

Rep: Fauziyah Mursyid/ Red: Agung Sasongko
Wakil Presiden Ma
Foto: Dok.KIP/Setwapres
Wakil Presiden Ma

IHRAM.CO.ID, JAKARTA--Wakil Presiden Ma'ruf Amin berharap adanya perluasan konversi bank syariah. Wapres Ingin perluasan bank syariah tidak berhenti hanya di peleburan bank syariah milik negara menjadi Bank Syariah Indonesia, tetapi juga hingga Bank Pembangunan Daerah.

"Konversi berbagai BPD terutama yang besar menjadi bank syariah harus dapat diwujudkan," kata Wapres saat menerima audiensi dari jajaran pimpinan Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS) Senin sore (26/4).

Baca Juga

Sebab, Wapres menilai potensi pendapatan bank daerah yang besar merupakan salah satu faktor pendorong tercapainya akselerasi perkembangan ekonomi dan keuangan syariah di Indonesia. Selain itu, konversi BPD menjadi bank syariah juga semakin memperbesar pangsa pasar syariah hingga ke wilayah wilayah.

"Saya ingin melihat pangsa pasar industri keuangan syariah meningkat dengan pesat," kata Wapres.

Ia juga menilai perlunya strategi agresif untuk mempercepat perkembangan ekonomi dan keuangan syariah di Indonesia. Wapres mengatakan, butuh strategi tak biasa agar berbagai isu mulai Gerakan Nasional Wakaf Uang (GWNU), Kawasan Industri Halal (KIH), potensi ekspor makanan dan minuman halal, pendirian pusat-pusat bisnis syariah di daerah, dan rencana konversi Bank Pembangunan Daerah (BPD) menjadi bank syariah berjalan sesuai harapan.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement