Jumat 07 May 2021 05:51 WIB

Masjid Menara Sehzade Warisan Seljuk Dibuka Kembali

Masjid Şehzade Korkut atau Masjid Menara Terpotong merupakan masjid bersejarah

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Agung Sasongko
Masjid Sehzade Korkut
Foto:

Dilansir dari Daily Sabah, Direktur Yayasan Regional Antalya Hüseyin Coşar mengatakan, bangunan itu diubah menjadi masjid pada tahun 1207 sebagai tanda kedaulatan Turki atas Antalya. Masjid tersebut terbuka untuk beribadah hingga tahun 1896, namun, puncak menara dan atapnya benar-benar terbakar akibat kebakaran yang terjadi di Kaleiçi.

Cosar juga menjelaskan soal masjid yang runtuh dari hari ke hari. "Selama dekade terakhir, temboknya telah runtuh. Jika kita tidak memulihkannya, itu akan hancur total. Dengan bimbingan panitia sains, kami melakukan pekerjaan konsolidasi terlebih dahulu. Di setiap karya, kami melihat keindahan baru masjid dan jejak peradaban yang berbeda," katanya.

"Kami telah merombak proyek sesuai dengan semua data yang kami terima. Kami telah bekerja dengan cermat dan mencapai tahap akhir. Lantainya sudah ditutup. Atapnya sudah keramik. Kami sedang menentukan pola karpet dan lampu gantung," ujarnya.

 Coşar menambahkan, artefak dari banyak peradaban, dari Kekaisaran Romawi hingga Bizantium, dari Ottoman hingga Seljuk, dapat ditemukan di masjid ini. Menurutnya masjid ini seperti tempat lahir peradaban.

Struktur bangunan dan reruntuhan yang mengelilinginya akan berfungsi sebagai masjid dan museum, di mana jejak-jejak dari banyak peradaban dapat dilihat. "Artefak sejarah bisa dilihat di panel kaca baik di dalam maupun di luar masjid," katanya.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement