Jumat 07 May 2021 05:51 WIB

Masjid Menara Sehzade Warisan Seljuk Dibuka Kembali

Masjid Şehzade Korkut atau Masjid Menara Terpotong merupakan masjid bersejarah

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Agung Sasongko
Masjid Sehzade Korkut
Foto:

Coşar menyatakan bahwa wisatawan akan dapat melihat orang-orang melakukan sholat serta memeriksa artefak dan bangunan seperti yang mereka lakukan di Masjid Biru dan Hagia Sophia. Para wisatawan juga bisa menyaksikan sebuah kuil dengan kolom baris tunggal yang disebut monopteros, makam, dan prasasti di dalam monopteros selama penggalian di sekitar masjid.

Masjid Şehzade Korkut yang terletak di Jalan Hesapçı di Kaleiçi, Turki, itu dibangun sebagai kuil Romawi pada abad keenam Masehi dan diubah menjadi basilika selama periode Bizantium. Setelah Seljuk menaklukkan Antalya, bangunan itu diberi nama Camii Cedid (Masjid Baru). Selama pemugaran yang dilakukan oleh Korkut, sebuah menara ditambahkan ke masjid atas instruksi sanjak bey.

Pada kebakaran tahun 1896, menara kayu menara tersebut terbakar, dan masjid tersebut mulai disebut sebagai masjid "menara terpotong" di antara banyak orang. Strukturnya mengalami restorasi sebagian pada tahun 1974, dan dikelilingi oleh pagar besi.

Meskipun ada upaya untuk memulihkannya di tahun-tahun berikutnya, pekerjaan restorasi tidak dapat dimulai karena gugatan yang diajukan oleh organisasi nonpemerintah mengenai penggunaannya sebagai taman arkeologi dan bukan sebagai masjid.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement