Jumat 07 May 2021 18:20 WIB

5.000 Pasukan Nato Akan Ditarik dari Afghanistan

Setelah 20 tahun pasukan AS dan Nato ditarik dari Afghanistan

IHRAM.CO.ID, Ankara -- Pemerintah AS mengumumkan bulan lalu bahwa mereka akan mulai menarik diri dari Afghanistan, di mana ia telah memegang kekuasaan selama 20 tahun, mulai 1 Mei, dalam kerangka misi NATO , dan bahwa penarikan itu akan selesai pada peringatan 20 tahun serangan 11 September 2001.

Usai pengumuman, mata tertuju pada struktur umum RSM dan jumlah pasukan di negara-negara yang tergabung dalam NATO dan bukan di Afghanistan dalam lingkup Misi Dukungan Tegas (RSM).

Setelah serangan 11 September,  AS melancarkan operasi invasi ke Afghanistan, yang disebutnya "Kebebasan Abadi", pada tanggal 7 Oktober 2001, dengan alasan menyembunyikan Osama Bin Laden dan para pemimpin al-Qaeda lainnya . Pada 2001-2014, lebih dari 20 negara non-anggota NATO mendukung AS dalam operasi 13 tahun tersebut.

Pasukan Dukungan Keamanan Internasional (ISAF), yang dibentuk oleh negara-negara NATO pada tahun 2003, dibubarkan setelah Presiden AS Barack Obama memutuskan untuk menarik sebagian besar pasukan Amerika dari negara itu.

Segera setelah itu, RSM didirikan dengan "Statute of Forces Agreement" (SOFA) yang ditandatangani di Kabul pada 30 September 2014 dan diterima oleh parlemen Afghanistan pada 27 November 2014.

Di bawah kepemimpinan NATO, RSM, yang terdiri dari 36 anggota aliansi dan negara non-aliansi, berfokus pada pelatihan tentara Afghanistan dan memberikan bantuan dalam operasi melawan Taliban, mulai beroperasi pada 1 Januari 2015.

Didukung oleh Resolusi Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa 2189, RSM bertujuan untuk memberikan pelatihan, konsultasi dan bantuan kepada pasukan dan institusi keamanan Afghanistan.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement