Sabtu 08 May 2021 21:26 WIB

Satgas: Larangan Mudik Antisipasi Lonjakan Kasus Covid-19

Larangan mudik ini mudah-mudahan bisa efektif untuk menekan penambahan kasus

Petugas Kepolisian menurunkan penumpang yang tidak membawa kelengkapan dokumen perjalanan saat penyekatan mudik lebaran 2021 di Gerbang Tol Palimanan, Jawa Barat, Sabtu (8/5). Pada hari ketiga diberlakukannya larangan mudik lebaran, kendaraan penumpang yang tidak dilengkapi dokumen perjalanan lengkap diputarbalikkan oleh petugas di Gerbang Tol Palimanan. Foto : Edwin Putranto/Republika
Foto:

"Kami juga dipesani oleh pimpinan kami kalau ada daerah yang cukup berhasil dan bisa mencapai warna hijau tolong jangan euforia dulu karena COVID-19 itu tidak kelihatan. Kewaspadaan, 3M, prokes harus tetap diterapkan meski vaksin sudah ada," katanya.

Sementara itu, pihaknya tidak memungkiri mudik merupakan peristiwa yang ditunggu oleh masyarakat bahkan sudah menjadi bagian dari kearifan lokal.

"Meski ini jadi bagian dari budaya tetapi memang harus disikapi dengan bijak, apalagi kalau mudik berisiko menularkan COVID-19," katanya.

Oleh karena itu, pihaknya tidak hanya meniadakan mudik jarak jauh tetapi juga lokal atau aglomerasi."Intinya mungkin mudik tidak seberapa jauh, asal ada mobilisasi itu berpotensi (terpapar COVID-19). Larangan mudik ini mudah-mudahan bisa efektif untuk menekan penambahan kasus," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement