Kamis 27 May 2021 10:50 WIB

Bayi Tasmanian Devils Lahir di Alam Liar Setelah 3.000 Tahun

Jumlah Tasmanian Devils juga telah menurun sejak 1990-an.

Rep: Dwina Agustin/ Red: Dwi Murdaningsih
Tasmanian Devil.
Foto: wikipedia
Tasmanian Devil.

IHRAM.CO.ID, CANBERRA -- Seekor Tasmanian Devils telah lahir di alam liar di daratan Australia untuk pertama kalinya dalam lebih dari 3.000 tahun. Peristiwa tersebut melahirkan tujuh bayi.

Proyek pelestarian hewan yang berbasis di dekat Barrington Tops di New South Wales, Aussie Ark, mengatakan ketujuh bayi tersebut dalam keadaan sehat. Penjaga akan memantau pertumbuhan mereka selama beberapa minggu ke depan.

Baca Juga

Aussie Ark melepaskan 26 Tasmanian Devils dewasa ke alam liar pada akhir 2020. Langkah ini sekarang telah menghasilkan tujuh bayi baru.

Karnivora berkantung terbesar yang masih hidup di dunia ini sempat dimusnahkan di daratan setelah diburu oleh dingo atau sejenis anjing liar. Keberadaannya juga telah dikurung di negara bagian pulau Tasmania sejak saat itu.

Jumlah Tasmanian Devils juga telah menurun sejak 1990-an karena penyakit tumor wajah dan diyakini hanya tersisa kurang dari 25.000 di alam liar. "Ada begitu banyak yang dipertaruhkan di sini. Kami telah melakukan semua yang kami bisa, tetapi jika Devils tidak berkembang biak, semuanya akan berakhir," kata presiden kelompok konservasi Bahtera Australia, Tim Faulkner.

Tasmanian Devils seukuran anjing kecil dan dipopulerkan oleh karakter kartun Looney Tunes yang ganas yang dikenal sebagai "Taz". Hewan ini telah terdaftar sebagai hewan yang terancam punah di Daftar Merah Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) pada 2008.

sumber : reuters

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement