Senin 31 May 2021 19:00 WIB

Kepala Intelijen Mesir Bertemu Hamas Bahas Dua Hal

Kepala intelijen Mesir bertemu dengan para pemimpin Hamas di Gaza.

Pejuang brigade Izz ad-Din al-Qassam, sayap militer Hamas, berparade untuk mengenang para pejuang al-Qassam yang tewas dalam konflik baru-baru ini di Kota Gaza, 27 Mei 2021 (dikeluarkan 28 Mei 2021). Setelah sebelas hari bertempur, gencatan senjata mulai berlaku pada 21 Mei antara Israel dan militan di Jalur Gaza di bawah inisiatif Mesir untuk gencatan senjata tanpa syarat.
Foto:

Pejabat medis Gaza mengatakan 253 warga Palestina tewas dalam pertempuran itu. Roket dan rudal Palestina menewaskan 13 orang di Israel.

Poster besar Presiden Mesir Abdel Fattah al-Sisi dan bendera Mesir menghiasi jalan-jalan di seberang Gaza untuk menyambut kepala intelijen Abbas Kamel. Ratusan orang berbaris di luar pintu masuk Gaza sambil mengibarkan bendera Mesir saat iring-iringan mobilnya lewat.

Kunjungan Kamel dipandang sebagai upaya Kairo untuk memainkan peran yang lebih vital dalam mediasi antara Israel dan Hamas, dan menghidupkan kembali proses perdamaian Israel-Palestina yang terhenti.

Dia juga diperkirakan akan mengumumkan rencana Kairo untuk membangun kota perumahan di daerah kantong itu, kata pejabat itu.Kementerian Perumahan Gaza mengatakan 1.500 unit rumah hancur total selama pertempuran itu, sementara 1.500 unit rumah lainnya telah rusak tidak dapat diperbaiki, dan 17.000 rumah lainnya rusak sebagian. Seorang pejabat kementerian menyebutkan biaya pembangunan kembali sebesar 150 juta dolar AS (sekitar Rp2,1 triliun).P

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement