Rabu 02 Jun 2021 22:40 WIB

Lewat BAZNAS, UAH Salurkan Rp 6,3 M untuk Pelajar Palestina

Dana bagi pelajar Palestina berasal dari warga Indonesia dan disalurkan ke LazisMu

Rep: Muhyiddin/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Ustadz Adi Hidayat (UAH) menyalurkan donasi dari rakyat Indonesia sebesar Rp. 6.307.205.389,54 atau Rp 6,3 miliar yang dikhususkan untuk beasiswa pelajar Palestina melalui Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS). Dana tersebut diperoleh dari masyarakat Indonesia yang disalurkan melalui Yayasan Ma’had Islam Rafi’ah Akhyar (MIRA) dan nantinya diserahkan kepada Lembaga Amil Zakat, Infak, Sedekah Muhammadiyah (LazisMu) sebagai mitra pengelola program.
Foto:

Sementara itu, Ustadz Adi Hidayat (UAH) mengucap syukur karena Allah SWT telah menganugerahkan BAZNAS untuk negeri ini, yaitu sebuah lembaga yang ditujukan untuk mengakomodir aspirasi khususnya umat Islam dalam rangka beribadah kepada Allah SWT melalui hartanya. 

"Penyerahan donasi ini bukan atas nama pribadi, tapi atas nama rakyat Indonesia. Dana Rp 6,3 Miliar ini dialokasikan untuk membangun sumberdaya masyarakat Palestina yang lebih kuat. Kami ingin donasi ini dijadikan support untuk para pelajar palestina," jelas UAH.

Ustadz Adi Hidayat menjelaskan bahwa dana yang diperoleh dari masyarakat Indonesia tersebut disampaikan ke BAZNAS dan selanjutnya diteruskan ke LazisMU, sebagai mitra pengelola program. Dana tersebut diperuntukan bagi mahasiswa Palestina yang akan belajar ke beberapa Perguruan Tinggi Muhammadiyah. 

Ia menjelaskan, para pelajar dari Palestina nantinya bisa belajar di kampus-kampus Indonesia. Setelah itu, mereka akan kembali lagi ke Palestina dengan membawa nilai-nilai kebaikan serta ilmu pelajaran yang didapatkan. 

"Kami juga sudah melakukan kordinasi dengan kementerian terkait, dan juga dengan Pimpinan Muhamadiyah," ujar UAH. 

Ustadz Adi Hidayat mengaku perlu datang langsung dan menyerahkan kepada BAZNAS sebagai lembaga pemerintah dan membangun sinergisitas dalam kegiatan amal kemanusiaan bersama sejumlah ormas Islam. 

"Untuk mewujudkan perdamaian abadi serta mengamalkan pembukaan UUD 45 yang menyatakan kemerdekaan adalah hak semua bangsa, sehingga dukungan kepada bangsa Palestina merupakan pengamalan dari pembukaan UUD 45," ucapnya.

 

Lebih lanjut, Ustadz Adi Hidayat berharap silaturahim dengan BAZNAS tidak hanya sampai di sini. Ke depan, kata dia, pihaknya siap bersinergi dengan BAZNAS dalam bentuk apapun. "Kami juga mengucapkan terima kasih kepada BAZNAS. Mudah-mudahan Allah merahmati dan memudahkan langkah BAZNAS untuk menjalankan visi-misinya serta mengharumkan Negara Republik Indonesia," kata UAH.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement