Sabtu 12 Jun 2021 23:13 WIB

Kediri Sertifikasi Pemandu Wisata

Kota Kediri, Jawa Timur, melakukan sertifikasi pemandu wisata

Seorang pemandu wisata menjelaskan tentang isi Rumah Bolon (ilustrasi)
Foto:

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata Kepemudaan dan Olahraga (Disbudparpora) Kota Kediri Nur Muhyar mengatakan dengan kegiatan pelatihan tersebut tentunya dapat menjadi motivasi dan sebagai sarana untuk meningkatkan kapabilitas para pelaku wisata.

"Kegiatan ini membantu meningkatkan promosi dan pemasaran sektor pendukung pariwisata di Kota Kediri secara luas. Lalu juga menyiapkan diri menghadapi perkembangan yang ada. Baik proyek strategis nasional seperti jalan tol dan bandara dengan meningkatkan kompetensi masing-masing yang terstandarisasi melalui sertifikasi," kata Nur Muhyar.

Dalam pelatihan tersebut, peserta diberi materi meliputi dasar-dasar kepemanduan, public speaking for a guide, memimpin perjalanan wisata, psikologi pelayanan dan personal grooming, pengembangan dan pemutahiran pengetahuan bagi pemandu wisata, serta pemahaman lintas budaya bagi pemandu.Pelatihan dan sertifikasi pemandu wisata atau tour guide itu juga digelar secara gratis, yang diikuti oleh 50 peserta dari biro perjalanan baik di Kota Kediri dan Kabupaten Kediri.

Para peserta diberikan materi di dalam kelas dan akan melakukan praktik lapangan dengan pemateri pelatihan dari Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Gunadharma Semarang pada 11-12 Juni 2021 di GOR Jayabaya Kota Kediri.

Peserta yang lulus akan diberikan sertifikat pemandu wisata oleh LSP Gunadharma secara gratis sebagai bekal menjadi pemandu wisata profesional. Selain itu, bagi peserta yang lulus uji akan membantu program-program pemerintah khususnya di bidang pariwisata.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement