Senin 14 Jun 2021 13:55 WIB

Profesi Dokter Hewan Kuda Belum Banyak Diminati

Profesi sebagai dokter hewan khususnya kuda belum banyak diminati di Indonesia.

Peternakan kuda (Ilustrasi)
Foto:

Menurutnya, FKH IPB University memiliki beberapa kelebihan yang tidak dimiliki oleh banyak FKH lainnya. FKH IPB University memiliki dosen-dosen dengan keahlian yang mumpuni dalam equine medicine (kesehatan perkudaan).

Bahkan ada dosen FKH IPB University yang menjadi anggota dokter hewan kuda internasional ataupun dokter hewan konsultan di stable kuda ternama.

"FKH IPB University juga menyiapkan pembelajaran dan pengenalan tentang kuda mulai di semester awal. Ada pembelajaran anatomi topografi kuda. Kemudian pada mata kuliah klinikal dan reproduksi di semester-semester berikutnya. Kami juga menyediakan jam praktikum pada hewan kuda yang mencukupi dan pilihan magang khusus kesehatan perkudaan bekerja sama dengan instansi kavaleri TNI, Polisi Satwa, maupun swasta," katanya.

Di sisi lain, FKH IPB University juga mendapat kepercayaan dalam perawatan kesehatan kuda di Istana Kepresidenan Cipanas. Rumah Sakit Hewan Pendidikan (RSHP) yang ada di IPB University memiliki fasilitas pemeriksaan untuk hewan kuda yang sangat memadai.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement