Rabu 16 Jun 2021 20:07 WIB

Kemiskinan di Italia Meningkat Karena Covid-19

Kemiskinan di Italia meningkat tajam setidaknya dalam 15 tahun terakhir.

Sejumlah warga menikmati kopi pada salah satu kafe di Roma, Italia, Senin (26/4). Italia kembali dibuka secara bertahap pada hari Senin setelah enam bulan memberlakukan lockdown. (Cecilia Fabiano/LaPresse via AP)
Foto:

Ekonomi Italia menyusut 8,9 persen pada tahun 2020, resesi pasca-perang paling curam, dengan penguncian yang bertujuan memperlambat penyebaran virus corona yang menghantam bisnis.Jumlah orang dalam kemiskinan absolut termasuk 1,3 juta anak di bawah umur - 13,5 persen dari semua anak di bawah 18 tahun Italia, naik dari 11,4 persen pada 2019.

Kelompok yang paling terpukul adalah orang asing, dengan 29,3% migran terdaftar - sekitar 1,5 juta orang - hidup dalam kemiskinan ekstrem dibandingkan 7,5 persen bagi mereka yang berkebangsaan Italia.

Namun, jumlah orang Italia yang hidup dalam "kemiskinan relatif" - mereka yang pendapatannya kurang dari setengah rata-rata nasional - turun menjadi 13,5% dari populasi tahun lalu dari 14,7 persen sebelumnya.

ISTAT mengatakan penurunan itu karena penurunan tajam dalam pengeluaran rumah tangga di seluruh lapisan masyarakat , yang mempengaruhi perhitungan.Sumber: Reuters

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement