Rabu 07 Jul 2021 18:15 WIB

KSSK Gelar Kompetisi Robotik Madrasah Tingkat Nasional

KSSK kembali menggelar kompetisi robotik madrasah tingkat nasional ke-7.

Pelajar Masrasah (ilustrasi(
Foto:

Kemenag juga membagi dua kategori kompetisi yakni rancang bangun inovasi dan "mobile robot" untuk semua jenjang mulai dari MI, MTs, dan MA. Khusus rancang bangun, peserta menciptakan model teknologi yang berguna untuk meringankan aktivitas manusia.

"Peserta merakit robotnya sendiri, dari madrasah dan mempresentasikan di hadapan juri secara online. Jadi untuk rancang bangun ini penilaiannya secara online," kata Ali.

Sementara pada kategori mobilerobot, peserta harus membuat program kendali untuk mengendalikan "mobilerobot" supaya bergerak mandiri sesuai tugas yang ditentukan dan dilengkapi dengan teknologi sensor."Untuk 'mobilerobot' digelar secara luring dan tentunya penerapan protokol kesehatan harus ketat," kata dia.

Untuk kuota peserta tahun ini diproyeksikan sebanyak 360 orang yang terbagi dalam 180 tim. Setiap madrasah bisa mengikuti dua kompetisi baik rancang bangun maupun "mobile robot".

"Dalam proses pendaftaran, kami membuka seluas-luasnya tapi nanti tetap akan ada proses seleksi," ujarnya.

Adapun proses kompetisi dimulai dari sosialisasi dan pendaftaran mulai 7 Juli hingga 31 Agustus, seleksi persyaratan, makalah, dan video pada 5-7 September, pengumuman lolos seleksi 8 September, kompetisi rancang bangun 2-3 Oktober, dan kompetisi "mobilerobot" secara luring pada 16-17 Oktober di Mall Alam Sutra, Tangerang, demikian M. Ali Ramdhani.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement